Cybersickness Intai Anak yang Gemar Main Games di Smartphone

201

redaksi.co.id – Cybersickness Intai Anak yang Gemar Main Games di Smartphone

Bahasan mengenai dampak negatif penggunaan smartphoneatau gadget pada anakbukan hal yang baru. Namun, belum lama ini para ilmuwan menemukan adanya suatu kondisi buruk mengenai penggunaan smartphoneberlebihan.

Kondisi itu disebut cybersickness dandikatakan telah memengaruhi sekitar 80 persen populasi pengguna smartphone.Cybersickness menimbulkan efek buruk, seperti pusing, mual, dan gangguan keseimbangan tubuh.

Beberapa studi menemukan bahwa anak yang sering bermain games di smartphonelebih mudah terkena cybersicknees, karena waktu penggunaan yang cukup lama. Kondisi cybersickness hampir sama seperti mabuk, namun penyebabnya adalah pergerakan di layar, tetapi sering kali tidak disadari oleh Si Kecil. Efek ini biasanya terjadi saat ia bermain game balapan atau game dengan pergantian gambar yang cepat.

Faktor lain yang bisa memicu cybersickness adalah seberapa realistis gambar yang ditampilkan di layar smartphone. Menurut Thomas Stoffregen, profesor di University of Minnesota, semakin realistis tampilannya, semakin mudah pula Si Kecil terkena cybersickness.(Deonisia/DC/Dok. M&B)

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

loading...

Comments

comments!