Mengenal Orang Terkaya Dunia, Pemegang Saham Terbesar Freeport

redaksi.co.id - Mengenal Orang Terkaya Dunia, Pemegang Saham Terbesar Freeport Perusahaan penambang emas dan tembaga terbesar di dunia, PT Freeport Mcmoran sebagian besar sahamnya ternyata milik...

13 0

redaksi.co.id – Mengenal Orang Terkaya Dunia, Pemegang Saham Terbesar Freeport

Perusahaan penambang emas dan tembaga terbesar di dunia, PT Freeport Mcmoran sebagian besar sahamnya ternyata milik investor tersohor, Carl Icahn. Icahn dilaporkan memiliki 88 juta saham dari perusahaan penambang ini.

Situs berita CNBC, pada Agustus lalu melaporkan, dengan kepemilikan saham tersebut, Icahn menjadi pemegang saham terbesar perusahaan tersebut.

Boleh jadi namanya kurang begitu terkenal jika dibandingkan Bill Gates, Warren Buffet atau miliarder lain di dunia. Yang pasti dia adalah salah satu orang terkaya di dunia.

Dari data yang dirilis Forbes, Icahn adalah orang terkaya dunia nomor 31, dan di Amerika, pria berumur 79 ini adalah yang terkaya ke-20.

Dikutip dari Forbes, Minggu (13/12/2015), kekayaan pria yang kini menetap di New York ini mencapai US$ 20,3 miliar, atau jika dirupiahkan bisa mencapai Rp 282,4 triliun dengan kurs Rp 13.914/dolar.

Ichan dikenal sebagai orang yang hobi berinvestasi. Dia sering membeli saham-saham sejumlah perusahaan besar. Salah satunya adalah Freeport.

Selain itu, orang kaya ini juga membeli 5,5 juta saham internet video service provider, Netflix di 2012.

Dia membeli sekitar 10 persen dari total saham perusahaan itu. Dia juga dikabarkan mencoba untuk membeli perusahaan teknologi Dell pada Juli 2013.

Karena hobinya menanam modal di banyak perusahaan, tak lama setelahnya, atau sekitar Agustus, dia juga membeli saham produsen ponsel dan gadget, Apple Inc. Dan masih banyak jajaran perusahaan besar yang di dalamnya terdapat nama Icahn sebagai pemegang saham.

Selain hobinya berinvestasi, Icahn juga adalah seorang filantropis alias dermawan. Salah satu buktinya adalah Icahn Stadium di New York adalah pemberiannya. Juga Icahn Center dan program beasiswa di Choate Rosemary Hall, sekolah di wilayah Connecticut Amerika Serikat.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!