Pertama Kalinya, 20 Perempuan Arab Duduki Kursi Pemerintahan

redaksi.co.id - Pertama Kalinya, 20 Perempuan Arab Duduki Kursi Pemerintahan RIYADH -- Sebanyak 20 perempuan terpilih dalam pemilihan umum di Arab Saudi. Fenomena ini adalah yang...

21 0

redaksi.co.id – Pertama Kalinya, 20 Perempuan Arab Duduki Kursi Pemerintahan

RIYADH — Sebanyak 20 perempuan terpilih dalam pemilihan umum di Arab Saudi. Fenomena ini adalah yang pertama kalinya dalam sejarah.

Pemilu lokal tahun ini juga mencetak sejarah untuk pertama kalinya perempuan diizinkan menggunakan hak pilih. Meski hanya mewakili satu persen dari 2.100 kursi dewan, namun ini disambut bahagia banyak pihak. Ini menjadi momentum awal keterlibatan perempuan dalam demokrasi dan pemerintahan Arab Saudi.

Dilansir Belfast Telegraph, Ahad (12/12), para kandidat ini mewakili kota terbesar di Arab Saudi hingga desa kecil. Dari 7.000 kandidat dalam pemilu kali ini, 979 orang diantaranya adalah perempuan. Raja juga mengizinkan penambahan 1.050 kursi dewan untuk memastikan peran lebih perempuan.

Kepala Komisi Pemilu, Hamad Al Omar mengatakan, ibu kota Riyadh memiliki lebih banyak kandidat perempuan terpilih, yaitu empat orang. Dua perempuan terpilih di provinsi timur yang merupakan konsentrasi minoritas Syiah.

Para perempuan Arab berbahagia dengan perubahan dalam pemilu kali ini. Kandidat berjanji untuk lebih memperhatikan kebutuhan kaum perempuan seperti menyediakan lebih banyak nurseries, membentuk pusat komunitas olah raga, budaya, memperbaiki jalanan, pengumpulan sampah lebih baik dan menghijaukan kota.

Omar mengatakan, tingkat pemilih perempuan juga lebih tinggi dari laki-laki. Sebanyak 106 ribu dari 130 ribu perempuan terdaftar menggunakan hak pilihnya. Sementara pria hanya 600 ribu dari 1,35 juta orang yang menggunakan hak pilih. “Total, 47 persen terlibat pemilu,” kata dia.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!