Pelambatan Ekonomi Tiongkok akan Pengaruhi Indonesia

redaksi.co.id - Pelambatan Ekonomi Tiongkok akan Pengaruhi Indonesia Pusat informasi Tiongkok memprediksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok akan semakin melambat pada 2016 mendatang. Kemungkinan, pertumbuhan produk domestik bruto...

8 0

redaksi.co.id – Pelambatan Ekonomi Tiongkok akan Pengaruhi Indonesia

Pusat informasi Tiongkok memprediksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok akan semakin melambat pada 2016 mendatang. Kemungkinan, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Tiongkok hanya 6,5 persen.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengungkapkan, pelambatan ini dikhawatirkan turut mempengaruhi perekonomian nasional. Dia menjelaskan, sejak lima tahun terakhir ekonomi Tiongkok turun menjadi 7,5 persen.

“Jika tahun depan perekonomian Tiongkok prediksinya 6,5 persen, maka akan pengaruh terhadap penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia sekitar 0,4 persen hingga 0,6 persen tahun depan,” ujar Agus di Jakarta, Senin (14/12/2015)

Menurut dia pelambatan perlu diwaspadai karena ekonomi Tiongkok sangat erat dengan ekonomi dunia.

Agus menjelaskan, pertumbuhan ekonomi dunia pada 2015 awalnya diperkirakan tumbuh 3,8 persen namun dikoreksi menjadi 3,5 persen.

“Perkiraan 3,8 persen, sekarang sudah di kisaran 3,5 persen hingga 3,6 persen, ini bisa lebih rendah lagi dan perlu diwaspadai, terlebih ekonomi Tiongkok sedang melambat,” kata dia.

Sementara itu, Pusat Informasi Tiongkok mencatat hingga kuartal III 2015 ekonomi Tiongkok hanya tumbuh 6,9 persen.

Pertumbuhan ini yang paling rendah sejak krisis ekonomi global pada kuartal pertama 2009. Meski diprediksi dan saat ini masih lambat, Tiongkok tetap optimis jika ekonomi mereka masih tangguh jika pemerintah melakukan restrukturisasi. Menurut Pusat Informasi masih ada peluang untuk memperluas permintaan domestik, mengingat masih besarnya potensi pasar.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!