Obat Baru, Harapan Baru Menyembuhkan Diabetes Melitus

Surabaya - redaksi.co.id, RSUD Dr Soetomo Surabaya kembali mengenalkan obat baru. Obat baru tersebut disebut SGLT2-Inhibitor yang mampu menurunkan glukosa darah tanpa tergantung penggunaan Insulin. Sehingga...

285 0

Surabaya – redaksi.co.id, RSUD Dr Soetomo Surabaya kembali mengenalkan obat baru. Obat baru tersebut disebut SGLT2-Inhibitor yang mampu menurunkan glukosa darah tanpa tergantung penggunaan Insulin. Sehingga obat tersebut menjadi terapi tambahan setelah diet dan latihan untuk memperbaiki gula darah.

Sebagai perkembangan metode pengobatan Diabetes Melitus(DM) di dunia, RSUD Dr Soetomo Surabaya kembali mengenalkan obat baru.

Obat baru tersebut disebut Sodium Glukose Transportase(SGLT2)-Inhibitor yang mampu menurunkan glukosa darah tanpa tergantung penggunaan Insulin. Sehingga obat tersebut menjadi terapi tambahan setelah diet dan latihan untuk memperbaiki gula darah.

Dr Soni Wibisono, SpPD, dokter spesialis penyakit dalam RSUD Dr Soetomo Surabayamenjelaskan bahwa SGLT2 memiliki manfaat sebagai terapi penyakit DM tipe 2.

“Obat ini merupakan penurun glukosa darah tanpa menggunakan insulin”, terangnya. Proses penyerapan glukosa ini terjadi di usus halus dan tubulus proksimal ginjal.

Sehingga, hampir 90 persen penyerapan gula darah di ginjal akan dipengaruhi oleh SGLT2. Penghambatan SGLT2 akan meningkatkan pengeluaran atau ekskresi glukosa yang berpotensi menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, pola hidup dan diet sehat sangat bermanfaat untuk mencegah DM dan komplikasinya. Sepuluh petunjuk hidup sehat yang diikuti diantaranya control Gula, batasi Jerohan, kendalikan lemak darah, Cegah kegemukan, jaga tekanan darah, Stop merokok, hindari alcohol dan stress serta control kesehatan teratur akan mengurangi potensi DM.

Hingga kini RSUD Dr Soetomo masih melakukan sosialisasi terkait manfaat penggunaan SGLT2. Selain itu, penerapan dan pengelolaan DM dengan system BPJS kesehatan masih menjadi pembahasan utama.(fer)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!