Begini Modus Baru Pencurian Ikan di Laut RI

185

redaksi.co.id – Begini Modus Baru Pencurian Ikan di Laut RI

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku menemukan adanya modus-modus baru yang dilakukan para nelayan asing untuk bisa mengambil hasil laut di Indonesia.

Modus ini dijelaskan Susi memang tidak melibatkan langsung kapal dan nelayan asing, namun mereka bekerjasama dengan nelayan-nelayan Indonesia.

“Sekarang ada modus baru adalah kapal dari Bitung ke tengah (laut), nanti di tengah dituker nelayannya dengan nelayan Filipina,” kata Susi di kantornya, Selasa (15/12/2015).

Selain modus tersebut ada juga modus lain dengan cara para pengusaha kapal asing tersebut menjual kapal-kapalnya kepada para pengusaha Indonesia dengan harga murah, bahkan ada yang dihibahkan.

“Saya bilang ke pengusaha itu mau beli emang duit dari mana, bohong-bohon lagi kan. Modus operandi baru illegal fishing, dengan hibah, penjualan harga murah, supaya kapal eks asing itu bisa tangkap lagi,” paparnya.

Munculnya modus-modus baru dan masih adanya kapal-kapal asing yang menangkap ikan di perairan Indonesia, dikatakan Susi menjadi pekerjaan Satgas 115 yang kantornya baru diresmikan hari ini, dimana satgas tersebut langsung dikomandani oleh Susi.

(red//ur/sikin/MNA)

loading...

Comments

comments!