Desember Jadi Waktu Terbaik Buat Cari Kerja, Kenapa?

redaksi.co.id - Desember Jadi Waktu Terbaik Buat Cari Kerja, Kenapa? Desember seringkali menjadi waktu berlibur bagi sebagian besar masyarakat. Akhirnya, banyak orang mengira Desember bukanlah waktu...

9 0

redaksi.co.id – Desember Jadi Waktu Terbaik Buat Cari Kerja, Kenapa?

Desember seringkali menjadi waktu berlibur bagi sebagian besar masyarakat. Akhirnya, banyak orang mengira Desember bukanlah waktu yang baik untuk mencari pekerjaan.

Padahal melansir laman Business Insider, Rabu (16/12/2015), sebagian besar pakar tenaga kerja mengatakan, terdapat banyak faktor yang membuat Desember justru menjadi waktu terbaik untuk mendapatkan pekerjaan. Desember juga dianggap sebagai waktu yang ideal untuk memulai perburuan karir.

Dari lebih 500 manager HRD yang disurvei Principals, perusahaan perekrutan AS, 94 persen diantaranya menyarankan para pencari kerja untuk meneruskan perburuan karirnya di akhir tahun.

Jika Anda sedang mencari kerja, berikut lima alasan yang membuat Desember jadi waktu terbaik untuk mencari kerja:

1. Banyak lowongan tersedia

Pada Desember, banyak atasan yang mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja untuk 2016 dan akhirnya mulai mencari pegawai baru sejak akhir tahun. Itu agar perusahaan dapat bekerja lebih optimal ketika memasuki tahun baru. Untuk memanfaatkan waktu ini, para pencari kerja harus pandai membaca situasi mengenai perusahaan mana yang biasa membutuhkan banyak tenaga kerja di akhir tahun.

2. Rendahnya kompetisi pencarian kerja

Joe Weinlick, Wakil presiden senior di bidang marketing Beyond, sebuah jaringan online karir profesional menyatakan, terjadi penurunan aktivitas pencarian kerja sejak November hingga akhir Desember. Itu lantaranya mayoritas masyarakat menikmati libur bersama dengan keluarga.

“Itu berarti banyak orang tak fokus pada pekerjaan atau pada proses pencarian kerja,” terang Weinlick.

Dengan rendahnya jumlah orang yang mencari kerja, maka akan lebih mudah bersaing dalam kompetisi pencarian kerja dan mendapatkan posisi yang diinginkan.

3. Perusahaan susah dapat pegawai terbaik

Desember dapat menjadi waktu yang sulit bagi para pemilik perusahaan untuk menemukan kandidat pegawai yang tepat. Itu lantaran kebanyakan orang beristirahan mencari kerja khususnya menjelang libur panjang Natal dan tahun baru.

Tapi di saat itulah, para pelamar kerja terbaik akan mudah didapat.

4. Lebih banyak peluang

Musim libur seringkali diisi dengan berbagai acara piknik dan pesta. Itu menjadi waktu terbaik bagi Anda untuk memperluas jaringan karir. Ikuti berbagai pesta yang juga dihadiri para profesional atau pemilik bisnsi untuk mengiklankan kemampuan karir terbaik Anda.

5. Perekrut memiliki mood yang baik

Berdasarkan respons dari para pencari kerja, para manajer perekrut di perusahaan seringkali tampak lebih ceria dan mudah untuk didekati selama hari libur. Kondisi ini dapat memperlancar Anda menuju sesi wawancara saat mencari kerja. (Sis/Ndw)

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!