5 Pelatih yang Pantas Gantikan Mourinho

redaksi.co.id - 5 Pelatih yang Pantas Gantikan Mourinho Manajer Chelsea, Jose Mourinho dalam posisi sulit. Penampilan anak asuhnya belum juga membaik hingga pekan ke-16 Liga Inggris....

16 0

redaksi.co.id – 5 Pelatih yang Pantas Gantikan Mourinho

Manajer Chelsea, Jose Mourinho dalam posisi sulit. Penampilan anak asuhnya belum juga membaik hingga pekan ke-16 Liga Inggris. Teranyar, “The Blues” dipermalukan Bornemouth 0-1 pada akhir pekan lalu.

Itu menjadi kekalahan ke-9 Chelsea musim ini di Liga Inggris. Meski “The Blues” lolos ke fase knock out Liga Champions, owner Roman Abramovich dikabarkan sedang gelisah dengan fakta tim miliknya terpuruk di klasemen Liga Inggris.

Rabu kemarin (16/12/2015), manajemen Chelsea dikabarkan mengadakan rapat mendadak meski belum ada keputusan apa-apa.

Menilik fenomena ini, siapakah yang pantas gantikan Mourinho jika dipecat? Berikut Liputan6.com coba untuk menyebut beberapa pelatih yang layak gantikan Mourinho, siapa saja? Simak di 5 halaman berikutnya:

1. Diego Simeone

Bos Chelsea Roman Abramovich kabarnya kepincut tangan dingin Simeone yang mampu membawa Atletico Madrid menjadi tim tangguh meski materi pemainnya biasa-biasa saja.

Chelsea siap membayar kompensasi kepada Atletico agar Simeone diperbolehkan bergabung ke Stamford Bridge menggantikan Mourinho. Ketertarikan Abramovich sudah terjadi sejak jauh hari sebelum Mourinho pulang ke Chelsea.

Jika Mourinho tetap di Madrid, bukan tak mungkin Simeone yang jadi pelatih Chelsea kala itu.

2. Carlo Ancelotti

Ancelotti saat ini sedang menganggur. Dia memilih cuti setelah dipecat Madrid akhir musim lalu. Namun tawaran kembali melatih Chelsea nampaknya akan membuat Ancelotti bisa berubah pikiran dan kembali bekerja di musim ini.

Pria 56 tahun itu bukan sosok asing bagi Chelsea. Dia pernah membawa Chelsea menjuarai Liga Inggris dan Piala FA di tahun 2009. Namun dalam beberapa pernyataannya kepada media, Ancelotti sepertinya lebih ingin melatih klub Liga Inggris lainnya.

Dia malah mendukung Jose Mourinho untuk tetap duduk di kursi pelatih.

3. Antonio Conte

Pelatih timnas Italia ini memang sulit untuk didatangkan hingga Piala Eropa 2016 nanti selesai. Namun, reputasi Conte sudah cukup untuk mengantarkannya duduk di kursi panas pelatih Chelsea.

Meski belum terlalu lama menjadi pelatih, karier Conte cukup melesat. Terbukti, dia berhasil membawa Juventus mendominasi di seri A Italia selama tiga musim beruntun.

Dimungkinkan pula bagi Conte untuk merangkap jabatan seperti yang terjadi kepada Guus Hiddink ketika merangkap jabatan pelatih timnas Belanda dan Chelsea.

4. Josep Guardiola

Siapa yang tak mau memakai jasa Josep Guardiola? Pelatih asal Katalunya ini begitu sukses dengan Barcelona.

Dia juga cukup berhasil mempertahankan dominasi Bayern Muenchen di kancah bundesliga Jerman, meski belum berhasil mengantarkan tim asal Bavaria ini sebagai juara Liga Champions.

Sangat dimungkinkan bagi Guardiola untuk hengkang dari Muenchen di akhir musim ini. Meski belum terungkap gabung klub mana, Chelsea bisa menjadi destinasi berikutnya bagi Guardiola yang dikabarkan sudah tak mau perpanjang kontrak di Muenchen.

Sentuhan ala Guardiola sangat mungkin membawa Chelsea kembali berjaya.

5. Ronald Koeman

Manajer asal Belanda yang kini melatih Southampton ini juga pantas diapungkan menjadi kandidat kuat pengganti Jose Mourinho. Berkat polesan Koeman, Southampton berhasil menjadi tim yang cukup disegani di Liga Inggris meski hanya bermaterikan pemain yang pas-pasan.

Memang popularitas Koeman masih kalah dibandingkan manajer-manajer top lainnya. Tapi kabar yang beredar menyebutkan jika Koeman diplot menjadi manajer sementara jika Mourinho dipecat di pertengahan musim.

Meski demikian, Koeman pantas dipertimbangkan untuk jadi manajer permanen karena kelihaiannya memoles pemain-pemain biasa menjadi luar biasa seperti yang diperlihatkannya di Southampton.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!