Paket Kebijakan Ekonomi Berimbas Jangka Pendek

redaksi.co.id - Paket Kebijakan Ekonomi Berimbas Jangka Pendek Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, langkah pemerintah untuk mendorong perekonomian dalam bentuk paket kebijakan ekonomi tak...

9 0

redaksi.co.id – Paket Kebijakan Ekonomi Berimbas Jangka Pendek

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, langkah pemerintah untuk mendorong perekonomian dalam bentuk paket kebijakan ekonomi tak hanya berjangka menengah hingga panjang.

Darmin menuturkan, paket yang dilahirkan pemerintah juga memiliki dampak pendek. Dia mencontohkan, seperti konversi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi Bahan Bakar Gas (BBG). Kebijakan tersebut akan memiliki jangka pendek lantaran akan memangkas beban biaya nelayan.

“Ada paket itu yang dampaknya segera. Tidak hari ini, tapi maksudnya, semester I tahun depan mestinya kelihatan. Itu akan mulai akan jalan awal tahun depan konverter gas untuk nelayan. Nelayan tidak pakai solar lagi, tapi LPG. Biaya melaut turun signinfikan,” kata dia di Tangerang, seperti ditulis Jumat (18/12/2015).

“Mungkin kalau kita cuma buat satu dua, lalu lama, orang akan anggap, ya sudahlah segitu-gitu saja,”ujar Darmin.

Namun, dengan lahirnya paket kebijakan ekonomi jilid III dan seterusnya menunjukan keseriusan pemerintah dalam memperbaiki perekonomian. Alhasil, pasar pun merespons kebijakan tersebut. Terbukti, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat sempat meningkat secara drastis.

“Begitu kita turunkan, paket ketiga, market mulai percaya, ini serius ini. Perhatikan kurs, yang tadinya sudah 14.800 per dolar Amerika Serikat (AS), kemudian dia bergerak perlahan ke 13.000, bahkan sempat ke 13.300. Itu jawabannya. Walaupun dampak deregulasi itu sebagian jangka menengah,” tandas dia. (Amd/Ahm)

(red//ur/sikin/MNA)

In this article
  • Uncategorized

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!