Patung Sphinx dari Marmer Berumur 1000 Tahun Ditemukan di Tiongkok

redaksi.co.id - Patung Sphinx dari Marmer Berumur 1000 Tahun Ditemukan di Tiongkok Ternyata patung sphinx tak hanya ada di Mesir saja. Belum lama ini dikabarkan sebuah...

10 0

redaksi.co.id – Patung Sphinx dari Marmer Berumur 1000 Tahun Ditemukan di Tiongkok

Ternyata patung sphinx tak hanya ada di Mesir saja. Belum lama ini dikabarkan sebuah patung sphinx berbahan marmer ditemukan di Tiongkok, Selasa (15/12/2015).

Dikatakan oleh para arkelog Tiongkok, patung tersebut berumur lebih dari 1.000 tahun serta berukuran tinggi 36 sentimeter, panjang 21 sentimeter, dan lebar 13 sentimeter.

Menurut lansiran Chinanews.com, patung tersebut diukir sangat halus serta memiliki wajah seperti wajah manusia, benjolan pada bagian atas kepala, dan tubuh seperti tubuh singa yang sedang duduk.

Patung berbahan marmer putih itu ditemukan di kota Guyuan, daerah otonomi Ningxia Hui, Tiongkok, dan diangkat pada November 2015 lalu.

Ketika ditemukan, patung tersebut dikatakan utuh dan nyaris tanpa cacat, kecuali pada bagian tengah wajah patung yang mengalami cacat minor.

Patung sphinx tersebut dikatakan merupakan sebuah batu nisan, yang ditemukan dalam sebuah makam yang menjadi peristirahatan seorang bernama Liu Jun dan istrinya, yang hidup zaman Dinasti Tang.

“Gaya ukirnya memiliki fitur-fitur yang biasa didapat pada ukiran ala Barat dan terbilang jarang untuk dijadikan nisan pada periode Tiongkok kuno dulu,” jelas kepala tim arkeolog yang menangani patung itu, Fan Jun.

Ditemukan di Ningxia yang dahulu menjadi rute perdagangan yang populer dengan nama “Jalan Sutra”, penemuan ini diharapkan membantu ilmuwan memahami alur transportasi yang digunakan selama Dinasti Tang.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!