Kecam Trump, Sutradara Michael Moore: We Are All Muslim

164

redaksi.co.id – Kecam Trump, Sutradara Michael Moore: We Are All Muslim

Seorang sutradara film dokumenter AS, Michael Moore melakukan aksi dukungan terhadap Muslim di depan, Trump Tower, Kamis (17/12). Ia berdiri di depan Gedung kediaman Donald Trump itu sambil memegang sebuah papan bertuliskan “WE ARE ALL MUSLIM”.

“Saya meminta semua orang yang membaca surat ini untuk menandatangani pernyataan ‘kita semua Muslim’,” kata dia. Ia juga meminta siapa pun untuk membuat papan bertuliskan sama, memotret dan mengunggahnya di Twitter, Facebook atau Instagram menggunakan tagar #WeAreAllMuslim. “Tuan Trump, sila bergabung,” kata dia.

Surat yang ditujukan untuk calon kandidat Presiden AS 2016 dari partai Republik itu adalah respons dari pernyataan Trump yang melarang Muslim masuk Amerika. “Dalam keputusasaan dan kegilaan, kau menyeru larangan semua Muslim masuk negara ini,” kata pembuat film tentang pascaserangan 11 September itu.

Moore mengatakan bahwa ia yakin bahwa semua manusia bersaudara, tanpa mengesampingkan ras, warna kulit, kepercayaan. Sehingga, tambahnya, jika Trump melarang Muslim, maka Trump juga melarang diri dan orang lainnya. “Kita adalah bagian dari keluarga manusia,” kata Moore.

Ia berpendapat respon Trump telah membuka mata semua orang bahwa ia tidak layak jadi presiden AS. Trump disebut melanggar nilai-nilai yang dianut AS. “Anda dan para pendukung Anda tidak lagi terlihat seperti Amerika hari ini, kami bukan negara dengan orang-orang kulit putih yang marah,” kata dia.

Moore menyarankan Trump untuk introspeksi dan memikirkan kembali apa yang sudah diperbuatnya. Menurutnya, 81 persen pemilih AS adalah perempuan, orang-orang beragam ras, dan anak muda berusia 18-35 tahun. “Mereka bukan orang-orang yang inginkan Anda memimpin negara ini,” kata Moore.

(red/udianto/R)

loading...

Comments

comments!