RI Jadi Incaran Industri K-Pop

182

redaksi.co.id – RI Jadi Incaran Industri K-Pop

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan industri kreatif asal Korea Selatan atau dikenal dengan K-Pop tertarik menanamkan modalnya di Indonesia. Industri K-Pop didefinisikan sebagai industri yang memproduksi film, musik, entertainment dan animasi.

Dalam kunjungannya ke Korea Selatan, Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan pelaku usaha di industri tersebut tertarik untuk menanamkan modalnya dalam bentuk pembiayaan maupun produksi film bersama produsen dalam negeri.

“Dalam pertemuan yang kami lakukan, mereka mengajukan opsi co-financing dan co-production. Mereka mendapatkan informasi bahwa untuk mendirikan perusahaan film dan mengedarkan film masih tertutup untuk asing. Kami menyampaikan saat ini pemerintah sedang melakukan proses pembahasan tentang panduan investasi, di mana salah satu usulan yang sudah masuk ke BKPM terkait sektor ekonomi kreatif, termasuk di dalamnya bidang usaha perfilman,” jelas dia dalam keterangan pers, Jakarta, Senin (21/12/2015).

Baca Juga

Dia menerangkan, skema co-production dan co-financing telah dilakukan oleh China dalam produksi film. Pemerintah China sendiri memberikan lisensi kerja sama co-production maksimal 42 persen, namun apabila membuat film asing maka skemanya co-financing dengan skema asing 22-25 persen.

Dia juga mengatakan, China juga melakukan pembatasan film asing maksimal 56 film dalam satu tahun. Perusahaan Korea Selatan itu juga memiliki perusahaan patungan dengan Vietnam dengan kepemilikan mayoritas 51 persen. Franky mengatakan, perusahaan Korea Selatan siap berekspansi ke negara-negara Asia.

“Di Indonesia, mereka telah membicarakan beberapa grup media untuk memproduksi film drama dan saat ini sedang dibicarakan mekanisme kerja samanya apakah co-production atau co-financing,” tandas dia. (Amd/Ahm)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

loading...

Comments

comments!