Kapan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Tersambung?

redaksi.co.id - Kapan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Tersambung? Pemerintah mengebut pengerjaan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan sepanjang 61,6 kilometer (km). Saat ini pemerintah memprioritaskan pembangunan seksi 2 ruas Rancakalong-Sumedang sepanjang 17,05...

40 0

redaksi.co.id – Kapan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Tersambung?

Pemerintah mengebut pengerjaan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan sepanjang 61,6 kilometer (km). Saat ini pemerintah memprioritaskan pembangunan seksi 2 ruas Rancakalong-Sumedang sepanjang 17,05 km.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Hediyanto W Husaini mengatakan, seksi 2 dibagi menjadi 2 fase. Fase pertama sepanjang 6,35 km sementara fase kedua sepanjang 11 km lebih.

“Yang fase pertama ditargetkan selesai pada akhir 2016, dan fase dua pada akhir 2018. Kita sedang cari cara bagaimana agar bisa lebih cepat,” kata Hediyanto saat mengunjungi lokasi, Jumat (18/12/2105).

Hediyanto mengatakan, untuk pembangunan seksi dua tersebut, pemerintah menggelontorkan pinjaman dari bank Exim China.

Jalan Cadas Pangeran di Sumedang dikenal padat dan rawan kecelakaan karena medan jalan yang sulit dan berkelok. “Seksi kedua di sini ada Cadas Pangeran,” jelasnya.

Pembebasan lahan di fase pertama sudah mencapai 93 persen dengan proses konstruksi mencapai 72 persen. Kemudian fase kedua pembebasan lahannya sudah mencapai 80 persen, namun pembangunan fisik belum dimulai.

Seksi 2 juga, lanjut Hediyanto, bakal dilengkapi beberapa jembatan dan terowongan. Sementara untuk seksi lainnya, yaitu seksi 1, lanjut Hediyanto, pemerintah juga tengah menunggu dana pinjaman dari China. Sedangkan seksi 3,4,5 dan 6, akan segera dilelang. “Januari 2016 akan kita lelang,” jelasnya.

Jalan Bebas Hambatan (To) Cileunyi-Sumedang-Dawuan (61.675 km) terdiri dari 6 seksi yaitu Seksi I Cileunyi-Rancakalong (12,025 km), Seksi Il Rancakalong-Sumedang (17,05 km) Seksi Ill Sumedang-Cimalaka (3,75 km), Seksi IV Cimalaka-Legok (8,2 km), Seksi V Legok-Ujung Jaya (16,42 kn) dan Seksi VI Ujung Jaya-Dawuan (4,23 km). Ditargetkan seluruh ruas tol ini bakal tersambung 2019.(Zul/Nrm)

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!