TNI AL Kedatangan Kapal Baru Survei Hidro-Oceanografi

redaksi.co.id - TNI AL Kedatangan Kapal Baru Survei Hidro-Oceanografi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) memperoleh satu buah kapal baru jenis survei Hidro-Oseanografi KRI Spica...

50 0

redaksi.co.id – TNI AL Kedatangan Kapal Baru Survei Hidro-Oceanografi

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) memperoleh satu buah kapal baru jenis survei Hidro-Oseanografi KRI Spica 934.

Kapal ini nantinya akan membantu dalam menyiapkan dan menyediakan data dan informasi Hidro-Oseanografi seperti peta laut dan buku-buku nautika yang digunakan untuk navigasi pelayaran di seluruh kawasan Indonesia.

Kepala Dinas Penerangan Komando Lintas Laut Militer Letnan Kolonel Laut Bazisokhi Gea mengatakan KRI Spica 934 kapal kedua tercanggih se-Asia di jenisnya yang dimiliki TNI AL.

“Sebelumnya ada Kri Rigel 933,” kata Bazisokhi dalam keterangan tertulisnya, Senin, 21 Desember 2015.

Kapal Spica 934 ini dibuat di galangan Les Sables D’olonne Prancis dengan spesifikasi panjang 60,1 meter dan lebar 11,5 meter.

Selain itu, draft kapal 3,5 meter dengan kecepatan maksimal 14 knot.

Bazisokhi menambahkan, kapal tersebut dilengkapi berbagai macam alat survei Hidro-Oseanografi dan peralatan metereologi.

Kapal ini mampu mensurvei hingga kedalaman 6 ribu meter di bawah permukaan laut.

Selain berfungsi sebagai kapal Bantu Hidro-Oseanografi, juga bisa dimanfaatkan sebagai kapal patroli.

Sebabnya dibekali persenjataan canon PSU Rheinmetal kaliber 20 milimeter di haluan, juga dua pucuk senapan mesin berat M2HB kaliber 12,7 milimeter di geladak buritan.

Sebelumnya pada 30 Oktober 2015, KRI Spica 934 berangkat dari dermaga Les Sables D’olonne Perancis dan tiba di Jakarta pada 18 Desember 2015.

Kata Spica berasal dari nama latin tradisional ‘Alpha Virginis’ yang berarti bintang paling terang di rasi bintang Virgo. AHMAD FAIZ

(red/oudlon/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!