320 Bus Feeder TransJakarta Segera Beroperasi

redaksi.co.id - 320 Bus Feeder TransJakarta Segera Beroperasi PT Trasportasi Jakarta (TransJakarta) baru saja menambah 320 unit armada angkutan penumpang. Bus-bus sedang ini akan digunakan sebagai...

25 0

redaksi.co.id – 320 Bus Feeder TransJakarta Segera Beroperasi

PT Trasportasi Jakarta (TransJakarta) baru saja menambah 320 unit armada angkutan penumpang. Bus-bus sedang ini akan digunakan sebagai angkutan pengumpan (feeder) TransJakarta.

Bersama dengan 31 uni bus gandeng merek SCANIA, feeder TransJakarta siap dioperasikan akhir tahun ini, kata kata Direktur Utama TransJakarta Antonius N Steve Kosasih dalam peresmian feeder TransJakarta di Parkir Timur Senayan, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Selasa (22/12).

Pihak TransJakarta, Dinas Perhubungan dan Trasportasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dewan Trasportasi Kota Jakarta (DTKJ), dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) tengah menggodok usulan rute-rute yang akan dilayani feeder Transjakarta.

Usulan yang mengemuka saat ini ialah, 30 bus melayani rute Monas-Pantai Indah Kapuk, 50 bus untuk rute Ragunan-Monas (S602), 50 bus untuk rute Ragunan-Dukuh Atas (S602), 80 bus untuk rute Lebak Bulus-Senen via Stasiun Cikini (P20), 40 bus untuk rute Blok M-Manggarai via Stasiun Manggarai (S66), dan 70 bus untuk melayani rute lainnya.

Pengadaan yang dilakukan melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ini merupakan jasa layanan operator dengan skema rupiah per kilometer yang pertama kalinya diadakan secara e-Purchasing melalui e-Katalog. Pengadaan ini bukan hanya cepat, tapi sangat transparan dan akuntabel, ujar pria yang akrab disapa Kosasih itu.

Selain itu, hari ini Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) memberikan sertifikat Bronze Standard BRT untuk 6 koridor TransJakarta. Penghargaan ini merupakan tolak ukur kualitas infrastruktur dan operasional sebuah sistem Bus Rapid Transit (BRT).

Koridor TransJakarta yang memenuhi Bronze Standard BRT adalah Koridor 1: Blok M-Kota, Koridor 2: Pulogadung-Harmoni, Koridor 3: Kalideres-Harmoni, Koridor 5: Ancol-Kampung Melayu, Koridor 6: Ragunan-Dukuh Atas, dan Koridor 9: Pinang Ranti-Pluit.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!