Wolf 1061c, Planet Dekat Bumi yang Berpotensi Dihuni Manusia

redaksi.co.id - Wolf 1061c, Planet Dekat Bumi yang Berpotensi Dihuni Manusia Astronom dari University of New South Wales telah menemukan planet baru yang berpotensi bisa dihuni...

6 0

redaksi.co.id – Wolf 1061c, Planet Dekat Bumi yang Berpotensi Dihuni Manusia

Astronom dari University of New South Wales telah menemukan planet baru yang berpotensi bisa dihuni manusia, yaitu Wolf 1061c.

Wolf 1061c berada di konstelasi Ophiucus dan memiliki satu bintang.

Dikatakan Science Alert jaraknya cukup dekat, sekitar 126 triliun kilometer dari bumi.

Jaraknya bahkan lebih dekat dibanding Mars, yang rencananya akan dijadikan tempat koloni manusia.

Planet tersebut dideskripsikan empat kali lebih besar dari bumi, yang berposisi di tempat yang cocok untuk menampung kehidupan: tidak terlalu panas atau dingin.

Selain temperaturnya yang cocok untuk keberadaan air, planet tersebut juga dideskripsikan didominasi bebatuan dan dataran solid.

“Planet itu berada di zona ‘Goldilocks’, di mana ada kemungkinan keberadaan air dan, bahkan, kehidupan,” ucap satu dari peneliti penemuan itu, Dr Duncan Wright, dikutip The Independent.

“Sangat mengagumkan menemukan planet seperti ini di tengah luasnya alam semesta, planet yang sangat dekat dengan bumi, yang kemungkinan bisa dihuni,” tambahnya lagi.

Penemuannya berangkat dari data yang dikumpulkan oleh sejumlah astronom menggunakan spektograf atau instrumen pencari planet berakurasi tinggi dan berkecepatan radial (HARPS).

Astronom sebenarnya menemukan tiga planet, namun Wolf 1061c yang paling cocok untuk menampung kehidupan. Peneliti akan terus meneliti ketiga planet tersebut, terlebih Wolf 1061c untuk mempelajari atmosfernya.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!