BPOM Gagalkan Peredaran Produk Tak Berstandar Rp 225 Miliar

redaksi.co.id - BPOM Gagalkan Peredaran Produk Tak Berstandar Rp 225 Miliar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berhasil menggagalkan peredaran produk obat dan makanan tak sesuai...

12 0

redaksi.co.id – BPOM Gagalkan Peredaran Produk Tak Berstandar Rp 225 Miliar

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berhasil menggagalkan peredaran produk obat dan makanan tak sesuai mutu senilai Rp 225 miliar sepanjanng 2015. Nilai tersebut meningkat sebanyak 15 persen dibandingkan tahun lalu.

Kepala BPOM Roy Sparingga berdalih, meningkatnya angka tersebut karena kinerja instansinya yang lebih baik.

“Mengapa meningkat? Karena pengawasan kami lebih aktif, lintas sektor bekerja baik,” kata dia, di Jakarta, Selasa (22/12/2015).

Dia mengatakan, temuan tersebut lebih banyak terdiri dari produk ilegal dan produk kadaluarsa.

Adapun langkah yang telah ditempuh BPOM diantaranya bekerjasama dengan Interpol untuk menggagalkan peredaran obat dan makan melalui transaksi online. Selain itu, melakukan operasi pemeriksaan di gudang penyimpanan (stok) serta pengawasan lebih ketat.

“Khusus Natal dan Tahun baru hingga hari ini mulai 23 November hingga kemarin jam 12.00 WIB Balai POM (sidak) seluruh Indonesia Rp 4,8 miliar,” ujarnya.

Namun begitu, dia mengaku produk senilai Rp 225 miliar tersebut belum dimusnahkan seluruhnya. Hal itu mengingat setiap pemusnahan harus menunggu proses hukum.

“Kami telah memusnahkan sepanjang 2015 di Balai POM Indonesia, ada 12 balai senilai Rp 65 miliar. Itu sudah ketetapan pengadilan dari Rp 225 miliar lebih,” tandas dia.(Amd/Nrm)

(red/atno/wi/anto/RDS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!