Saingi Facebook, Google Akan Kembangkan Aplikasi Pesan

redaksi.co.id - Saingi Facebook, Google Akan Kembangkan Aplikasi Pesan REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Google dilaporkan akan membuat aplikasi pesan mobile untuk bersaing dengan apa yang ditawarkan Facebook. Aplikasi...

32 0

redaksi.co.id – Saingi Facebook, Google Akan Kembangkan Aplikasi Pesan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Google dilaporkan akan membuat aplikasi pesan mobile untuk bersaing dengan apa yang ditawarkan Facebook. Aplikasi itu akan memanfaatkan kecerdasan Google untuk mengintegrasikan chatbots dan berbagai perangkat lunak.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (23/12), ide awal aplikasi ini adalah memungkinkan pengguna berkomunikasi, dengan mencari web dan sumber lain untuk mencari informasi. Belum jelas kapan layanan aplikasi baru ini akan diluncurkan begitu juga akan diberi nama apa.

Meski begitu, laporan tersebut menyatakan Google telah mengerjakan layanan ini setidaknya selama satu tahun belakangan. Bahkan, Google mungkin akan membiarkan pengembang lain membuat chatbots, dengan menggunakan layanan ini.

Ini berarti pengguna bisa menerima jawaban dari sebuah aplikasi tentang layanan seperti restoran, dan bukan lagi dari Google Search.

Aplikasi ini mungkin akan lebih menggampangkan pengguna, dibandingkan harus mengetik kata kunci ke mesin pencari Google. Pengguna akan mengetik pertanyaan sebagai teks pesan yang selanjutnya akan direspons oleh chatbots.

Google akan mengarahkan pengguna ke chatbots tertentu setelah melalui arahan ribuan mesin pencari ke situs yang relevan. Layanan Google tersebut tentu akan melangkah jauh di depan aplikasi pesan sejenis.

Saat ini Google hanya memiliki Hangouts, yang jauh jika dibandingkan aplikasi pesan populer lain. Sebut saja WhatsApp, Facebook, WeChat. (C25-wahyusuryana)

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!