10 Pemain Terbaik Liga Eropa di 2015

redaksi.co.id - 10 Pemain Terbaik Liga Eropa di 2015 Satu tahun perjalanan Liga Eropa akan mencapai puncaknya akhir pekan ini pada penutup bulan Desember 2015. Banyak...

10 0

redaksi.co.id – 10 Pemain Terbaik Liga Eropa di 2015

Satu tahun perjalanan Liga Eropa akan mencapai puncaknya akhir pekan ini pada penutup bulan Desember 2015. Banyak pemain yang sudah menunjukkan kualitasnya di atas lapangan untuk membantu tim masing-masing meraih kejayaan.

Dari ratusan pemain yang terlibat di liga-liga top Eropa (Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, dan Prancis). Siapa sajakah mereka? Berikut ini Republika.co.id menyuguhkan nama-nama pesepakbola dengan rating tertinggi berdasarkan analisa data dari WhoScored.com di sepanjang tahun 2015:

10. Alexis Sanchez (Arsenal) Rating 7.72

Pemain asal Cile ini bermain baik bersama Arsenal dalam 12 bulan terakhir. Tercatat, Sanchez membukukan 12 gol dari 31 penampilannya. Ada 123 tembakan yang yang ia lepaskan sepanjang tahun ini ke arah gawang lawan-lawan timnya.

9. Nolito (Celta Vigo) Rating 7.75

Pemain yang sedang jadi incaran utama Barcelona dan Arsenal ini tampil memukau di tahun 2015. Mencetak 16 gol dan 13 assist dalam 35 pertandingan liga, kini pemain 29 tahun itu pun mulai dilirik pelatih Timnas Spanyol Vicente de Bosque untuk masuk skua Piala Eropa 2016.

8. Mesut Ozil (Arsenal) Rating 7.76

Ozil mampu membungkam ragam kritikan yang diterimanya tahun lalu dengan penampilan gemilang di 2015. Sudah 19 asisst yang Ozil bukukan tahun ini untuk Arsenal.

Dari semua pemain di liga top Eropa, Ozil merupakan pesepakbola yang bisa membuat kreasi peluang hingga 123 kali lewat pergerakannya di lini tengah. Luar biasanya, di sepanjang tahun ini pemain asal Jerman itu tak sedikitpun tersentuh cedera.

7. Riyad Mahrez (Leicester) Rating 7.77

Selain Nolito, ini nama lain yang mencuri sensasi sepanjang tahun ini. Jika rekannya di lini depan Leicester City Jamie Vardy baru mencuri perhatian musim ini, nama Mahrez justru sudah harum sejak awal tahun.

Pemain asal Aljazair ini membukukan 15 gol dan 8 asissts. Selain itu, dia juga tercatat sebagai pemilik catatan dribble terjauh di Liga Primer Inggri, lebih dari 100 mil.

6. Luis Suarez (Barcelona) Rating 7.83

Suarez benar-benar mampu menunjukkan penampilan terbaiknya sejak pindah ke Barcelona musim lalu. Sepanjang tahun 2015 ini, total 28 gol dan 12 assist dia bukukan.

Pemain berdarah Uruguay ini juga sering menjadi pembuka ruang bagi rekan-rekannya di Barca seperti Neymar dan Lionel Messi untuk mencetak gol. Rating Suarez semakin cemerlang karena punya catatan 19 kali tekel bersih.

5. Cristiano Ronaldo (Real Madrid) Rating 7.90

Ronaldo tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dibanding semua pemain yag terlibat di liga top Eropa dengan jumlah 35. Total tembakan yang ia lepaskan pun amat fantastis, 243 kali.

Meski hanya punya tingkat keberhasilan 14.4 persen menjadi gol namun Ronaldo bisa menutupi kekurangannya itu dengan membuat umpan. Total, tahun ini CR7 sudah membukukan 12 umpan kepada rekannya yang berbuah menjadi gol.

4. James Rodriguez (Real Madrid) Rating 7.90

Rekan Ronaldo di Madrid ini membukukan 23 penampilan sepanjang tahun 2015 dengan membuat 11 gol dan 12 umpan. Mengingat posisinya bukan striker tapi gelandang, pemain asal Kolombia ini mampu membuat 208 tembakan.

Namanya pun laik berada di peringkat ke-4 daftar pemilik rating terbaik tahun 2015.

3. Zlatan Ibrahimovic (PSG) Rating 8.08

Meski hanya bermain di Liga Prancis, namun catatan Ibra tak bisa dipandang remeh. Dia membuat 26 gol dan 12 umpan hanya dalam 27 partai liga. Kontribusi kepada tim dari seorang Ibra terbilang paling maksimal diantara para pemain di liga top Eropa lainnya.

2. Neymar (Barcelona) Rating 8.37

Tahun ini tak diragukan lagi merupakan tahun terbaik Neymar. Baru menginjak usia 23 tahun, pemain asal Brasil ini sudah jadi bagian penting dari treble winner Barca musim lalu.

Membuat 25 gol dan sembilan umpan, Neymar juga mampu membuat 94 pergerakan yang berbuah peluang mencetak gol bagi timnya.

1. Lionel Messi (Barcelona) Rating 8.82

Bila berbicara statistik, predikat pemain terbaik Eropa pantas diberikan kepada Messi. Pemain asal Argentina ini boleh saja banyak absen karena cedera. Namun, Messi masih mampu membuat 33 gol dan 15 umpan dalam 32 penampilan di tahun ini.

Sukses melakukan 167 kali dribble Messi juga punya catatan apik dalam urusan menembak. Ada 163 percobaan yang dilepaskan oleh pemain berjuluk La Pulga atau si Kutu ini ke gawang musuh-musuh timnya.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!