10 Wonderkid asal Afrika yang Bakal Bersinar di 2016

redaksi.co.id - 10 Wonderkid asal Afrika yang Bakal Bersinar di 2016 Afrika sudah dikenal memiliki segudang pemain berbakat. Sejumlah pencari bakat yang bekerja untuk klub-klub elite...

386 0

redaksi.co.id – 10 Wonderkid asal Afrika yang Bakal Bersinar di 2016

Afrika sudah dikenal memiliki segudang pemain berbakat. Sejumlah pencari bakat yang bekerja untuk klub-klub elite Eropa selalu memantau setiap bakat yang muncul dari benua hitam ini.

Mengutip laporan Goal, berikut ini disajikan 10 wonderkid terbaik asal Afrika yang diprediksi bakal meretas sukses sepanjang 2016. Siapa saja para talenta muda terbaik itu? Berikut Republika.co.id menyuguhkannya buat Anda…

1. Rivaldo Coetzee

Pesepakbola asal Afrika Selatan ini telah membuat debut bersama tim nasional pada usia ke-17. Saat itu, ia menjadi pemain termuda yang mewakili timnas Afsel di level senior. Setahun kemudian, namanya langsung masuk ke dalam skuat utama dari daftar pemain asuhan Shake Mashaba.

Coetzee adalah pemain yang terbiasa beroperasi di lini belakang, tepatnya menjalankan peran sebagai bek tengah. Pemain berusia 19 tahun ini sekarang menjadi pemain dari klub lokal, Ajax Cape Town.

Namun besar kemungkinan ia bisa saja hijrah ke Belanda untuk bergabung bersama klub di Amsterdam.

2. Wilfrid Kaptoum

Juli mendatang, pemain kelahiran Kamerun ini akan genap berusia 19 tahun. Ia merupakan sosok gelandang yang energik dan dikenal memiliki permainan yang ulet. Pada musim lalu, ia menjadi bagian dari skuat Barcelona B.

Tahun ini, ia sudah naik tingkat menjadi bagian dari Barcelona senior. Memang sejauh ini ia belum mendapat kesempatan untuk tampil di bawah asuhan Luis Enrique. Sementara itu, debutnya bersama Barcelona B ditandai pada musim lalu ketika melawan Espanyol.

Bersama skuat junior Barca, Kaptoum sudah berhasil menyumbangkan trofi liga UEFA pada tahun lalu. Sejauh ini namanya juga terdaftar untuk berlaga di Liga Champions maupun Copa Del Rey. Diyakini pemain ini bisa menjadi salah satu sosok wonderkid yang bakal bersinar pada tahun depan.

3. Kelechi Iheanachorb

Bocah berusia 19 tahun ini menjadi salah satu pemain muda yang diharapkan bisa bersinar pada 2016. Pemain berdarah Nigeria ini telah menandai penampilannya bersama Manchester City untuk kompetisi Liga Primer Inggris dan Piala Liga musim ini.

Dari 13 kali tampil dari dua perhelatan tersebut, Iheanachorb sudah menyumbangkan empat gol buat City. Selain memiliki naluri mencetak gol yang baik, pemain ini juga memiliki kemampuan sebagai pengumpan yang apik.

Ia memiliki visi dan kemampuan permainan yang baik dalam mendikte maupun mengubah permainan.

Pada 2013, ia pernah terpilih sebagai pemain paling menjanjikan setelah membawa negaranya meraih juara Piala Dunia U-17. Akankah tahun depan ia mampu menjadi salah satu sosok pemain muda Afrika yang bersinar? Kita lihat saja aksinya.

4. Adama Traore

Pada Piala Dunia U-20 yang digelar pada tahun ini, namanya melejit sebagai pemain terbaik dari turnamen tersebut. Predikat itu disandangnya setelah mencatatkan empat gol dan tiga asists untuk tim nasional Mali.

Saat ini, usianya baru memasuki 20 tahun. Peran yang dimainkannya adalah posisi gelandang. Bersama Monaco — klub tajir asal Prancis — bocah Afrika ini sudah delapan kali tampil dan memberikan satu asistss.

Diyakini, pemain ini bakalan menjadi salah satu pemain bintang dari Afrika pada tahun depan.

5. Keita Balde

Bintang muda asal Senegal ini merupakan salah satu pemain Afrika yang paling menjanjikan. Tahun 2016 kemungkinan bakal menjadi tahun yang penuh pujian bagi pemain yang pernah merumput di Barcelona untuk musim 2004-2011 ini.

Dia telah memainkan 16 pertandingan untuk Lazio musim ini, dengan dua gol dan lima assist. Untuk urusan akurasi umpan, pemain ini tercatat memiliki rata-rata 87,3 persen akurat. Striker berusia 20 tahun ini juga memenangkan Coppa Italia dengan Lazio dua tahun lalu.

6. Isaac Success

Striker berusia 19 tahun ini telah mencetak tiga gol dan tiga assist untuk Granada pada musim ini di kompetisi La Liga Spanyol.

Sejauh ini, catataan statistik penampilannya memperlihatkan rata-rata empat tendangan mengarah ke gawang dan pernah sekali menggenggam predikat sebagai man-of-the-match.

Dengan statusnya yang masih muda, tak mengherankan jika tenaganya sangat kuat dan tangguh. Ia memiliki kekuatan duel dan kekokohan yang bakal membuat lini pertahanan lawan harus ekstra keras mengawal pemain ini. Akankah pemain ini meraih suksesnya pada tahun depan? Lihat saja aksinya.

7. Godfred Donsah

Pemain asal Ghana ini dijuluki sebagai ‘The New Michael Essien’. Gelandang berusia 19 tahun ini memiliki energi yang meletup-letup. Saat ini ia menjadi salah satu kekuatan inti dari klub Bologna.

Ia juga memiliki kemampuan sebagai sosok gelandang yang serba bisa. Diyakini dengan kemampuan dan talenta yang dimilikinya tersebut, Godfred akan mampu menjadi salah satu sosok pemain bersinar dari Afrika pada tahun depan.

8. Bertrand Traore

Pemain berusia 20 tahun ini sudah menjadi bagian dari skuat tim nasional Burkina Faso. Ia memiliki kepiawaian yang luar biasa dengan kaki kirinya. Tendangan keras kaki kirinya tersebut dikombinasikan juga dengan keahliannya dalam driblling bola.

Pada musim lalu bersama Vitesse Arnhem, ia telah menyumbangkan 17 gol. Catatan statistik lainnya menunjukkan juga untuk urusan umpan, akurasinya mencapai 77,4 persen akurat. Artinya pemain ini sangat jeli dalam mencari ruang.

Akankah tahun depan, peruntungannya bisa menjadi lebih baik lagi ketika masa peminjamannya berakhir di Vitesse? Akankah Chelsea berhasil menunai keuntungan dengan pemain ini? Tentunya hanya waktu yang akan menjawabnya.

9. Victor Osimhen

Striker jangkung ini tercatat telah mencetak 10 gol bersama Nigeria pada Piala Dunia U-17 di Cile. Ia juga telah menjadi pemain yang diincar oleh beberapa klub elite Eropa.

Sebagai target man, ia memiliki akurasi yang baik dalam urusan mengarahkan si kulit bundar ke gawang lawan. Naluri membunuhnya untuk mencetak gol itulah yang tentunya akan terus dinantikan. Diyakini Osimhen akan bisa menjadi salah satu pemain yang bakal bersinar pada tahun baru nanti.

10. Josh Onomah

Tahun ini namanya sudah masuk menjadi bagian dari skuat utama Tottenham Hotspur. Pemain berdarah Ghana ini tercatat menjadi pemain yang kini memperkuat tim nasional Inggris.

Saat ini ia telah empat kali membela timnas Inggris U-19 dengan sumbangsih empat kali laga dan satu kali gol. Sebagai pemain gelandang serba bisa, diharapkan pemain ini bisa menjadi salah satu sosok wonderkid yang bakal bersinar kariernya pada 2016.

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!