Tuntut Revisi Perbup, Puluhan Kades Trenggalek Demo

Trenggalek - redaksi.co.id, Puluhan kepala desa di Trenggalek , Jawa Timur mendatangi kantor DPRD setempat untuk menuntut agar peraturan bupati tahu bahwa perbub tentang penghasilan tetap...

75 0

Trenggalek – redaksi.co.id, Puluhan kepala desa di Trenggalek , Jawa Timur mendatangi kantor DPRD setempat untuk menuntut agar peraturan bupati tahu bahwa perbub tentang penghasilan tetap kepala dan perangkat desa dilakukan revisi. Para kades menilai perbup tersebut tidak sesuai peraturan diatasnya dan merugikan pemerintah desa.

Kedatangan puluhan kades yang tergabung dalam asosiasi kepala desa AKD Trenggalek ini langsung disambut komisi DPRD Trenggalek. Dalam kesempatan ini, para kepala desa meminta anggota dewan agar melakukan fasilitasi agar mendorong bupati Trenggalek untuk mengubah peraturan bupati nomor 73 tahun 2014 tentang penghasilan tetap atau SITAP kepala desa dan perangkatnya.

Salah satu kepala desa, Puryono mengatakan, Perbup tersebut wajib direvisi karena penerbitannya mendahului peraturan menteri desa nomor satu yang baru keluar pada tahun 2015 ini.

Menurutnya, dalam perbup tersebut, juga belum ada jaminan terhadap hak-hak asal usul desa, termasuk pengelolaan tanah bengkok maupun tanah kas desa. Padahal dalam undang-undang desa, hak-hak atas asal-usul desa telah mendapatkan jaminan.

Di sisi lain komposisi penentuan penghasilan tetap kepala desa juga dinilai hanya akan merugikan pemerintah desa, karena nominalnya dipatok sama rata yakni sebesar 2,5 juta rupiah, padahal kekuatan keuangan dan jumlah perangkat di masing-masing desa tidak sama.

Kades menuntut agar nominal tersebut disesuaikan dengan kondisi desa sementara itu, anggota komisi DPRD Trenggalek, Samsuri berjanji akan mendorong bupati Trenggalek agar melakukan revisi terhadap peraturan bupati tersebut karena masih terdapat sejumlah kekurangan dan persoalan.(fer) 

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!