Inggris Utara Dilanda Banjir, Manchester Raya 'Lumpuh'

redaksi.co.id - Inggris Utara Dilanda Banjir, Manchester Raya 'Lumpuh' Regu penyelamat dan tentara mengungsikan ratusan orang dari rumah mereka di York, sesudahbanjir melanda Inggris bagian utara.Seperti...

17 0

redaksi.co.id – Inggris Utara Dilanda Banjir, Manchester Raya 'Lumpuh'

Regu penyelamat dan tentara mengungsikan ratusan orang dari rumah mereka di York, sesudahbanjir melanda Inggris bagian utara.

Seperti dilansir BBC, Minggu 27 Desember 2015, dalam bencana banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya dari skala di Yorkshire dan Lancashire, sekitar 3.500 rumah terkena dampak aliran Sungai Foss di York.

Perdana MenteriInggris John Cameron berjanji akan membantu para korban banjir yang sangat membutuhkan pertolongan, seiring tindakan pemerintah mengirim lebih dari 500 anggota militer ke daerah banjir.

400 Petugas sudah bekerja di kawasan Cumbria, Lancashire dan Yorkshire.

Departemen Lingkungan Hidup menyatakan, personel tambahan telah dikerahkan, sementara 1.500 lainnya disiagakan di Yorkshire.

Belum pernah

Sesudah memimpin percakapan lewat telepon jarak jauh, PM David Cameron mengatakan, banjir kali ini berdampak sangat parah dan belum pernah dialami sebelumnya.

“Tingkat ketinggian sungai dan curah hujan memberi dampak yang belum pernah ada sebelumnya, dan beberapa di antaranya berakibat pada banjir yang serius,” kata dia.

Cameron diharapkan mengunjungi daerah yang dilanda banjir pada Senin 28 Desember mendatang.

Hujan deras pada Jumat dan Sabtu lalu, menyebabkan air melampaui bantaran sungai dan melimpah ke sebagian Lancashire dan Yorkshire.

KawasanManchester Raya dan Leeds termasuk yang dilanda banjir, dan jalan-jalan utama ditutup serta ribuan gedung tak teraliri listrik.

Di Kota York, pihak berwenang mengatakan pompa di Foss Barrier kewalahan dan penghalang banjir harus diangkat. Sehingga kota yang biasanya aman banjir itu kini harus terancam.

Dewan Kota York mengatakan Sungai Ous diperkirakan akan mencapai ketinggian 5 meter pada Senin mendatang, mendekati rekor tertinggi yang pernah dicatat yakni 5,4 meter.

(red/atno/wi/anto/RDS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!