NASA Rilis Foto Pluto 'Edisi Khusus'

redaksi.co.id - NASA Rilis Foto Pluto 'Edisi Khusus' Planet kerdil Pluto memiliki tampilan berbeda selama memasuki musim liburan Natal ini. Planet ini berbeda dari biasanya karena...

11 0

redaksi.co.id – NASA Rilis Foto Pluto 'Edisi Khusus'

Planet kerdil Pluto memiliki tampilan berbeda selama memasuki musim liburan Natal ini. Planet ini berbeda dari biasanya karena memiliki warna merah dan hijau. Gambar yang baru dirilis ini diambil oleh pesawat ruang angkasa New Horizons pada 14 Juli, 2015, di 09:40 ET.

NASA menghasilkan gambar warna palsu ini untuk merayakan musim ini dengan menetapkan rentang panjang gelombang inframerah tertentu berwarna merah dan hijau.

Berdasarkan laman Mashable, instrumen yang digunakan untuk membuat gambar merah dan hijau ini juga menciptakan kaca berwarna yang indah dari video Pluto. Seperti yang terlihat oleh New Horizons selama pendekatan terdekatnya pada 14 Juli, ketika pesawat itu terbang sekitar 7.700 mil dari permukaan kurcaci planet.

“Ini adalah apa yang Anda akan benar-benar lihat jika Anda berada di papan pesawat ruang angkasa New Horizons pada 14 Juli, memandang Pluto melalui jendela kaca berwarna dengan inframerah,” kata seorang ilmuwan planet yang bekerja dengan misi New Horizons, Alex Parker.

Para ilmuwan menggunakan gambar perayaan natal seperti merah dan hijau dan video untuk mempelajari lebih lanjut tentang komposisi planet kerdil ini. Peneliti dapat menggunakan data seperti ini untuk memilih perbedaan antara jenis molekul yang membentuk berbagai daerah permukaan Pluto.

Parker mengungkapkan data yang digunakan untuk membuat film kaca berwarna ini membantu para ilmuwan mengetahui bahwa Pluto memiliki air-es.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!