Orang-orang Penting di 'Lingkaran Dalam' Vladimir Putin

191

redaksi.co.id – Orang-orang Penting di 'Lingkaran Dalam' Vladimir Putin

Saat Presiden Rusia Vladimir Putin kali pertama meraih kekuasaannya, ia ditanya mengenai siapa orang-orang kepercayaannya. Kala itu Putin menyebut lima nama yakni, Nikolai Patrushev, Sergei Ivanov, Dmitry Medvedev, Alexei Kudrin dan Igor Sechin.

Lima belas tahun kemudian, lima orang tersebut masih menjadi ‘tim inti’ Presiden Putin. Mereka mendominasi posisi-posisi strategis di pemerintahan maupun bisnis besar di Rusia.

Dilansir BBC News, Senin (28/12), Patrushev merupakan direktur layanan keamanan internal Rusia FSB sejak tahun 1999 hingga diangkat menjadi Sekretaris Dewan Keamanan Rusia pada 2008. Sementara Ivanov merupakan Menteri Pertahanan dan Wakil Perdana Menteri, mulai 2011 ia menjadi kepala pemerintahan presiden.

Medvedev kerap ‘tandem’ menjadi penguasa bersama Putin. Ia menjadi Presiden Rusia dari 2008 hingga 2012 dan kini menjadi Perdana Menteri.

Kudrin merupakan Menteri Keuangan hingga tahun 2011. Kini ia tak lagi memegang posisi formal, namun ia masih muncul untuk memberikan nasihat kepada presiden mengenai masalah keuangan dan ekonomi.

Sedangkan Sechin telah memegang posisi senior dalam pemerintahan. Ia juga direktur eksekutif di Rosneft, perusahaan minyak negara.

Kelompok inti ini menggambarkan dua poin penting mengenai siapa yang ‘mengendalikan’ Rusia. Pertama adanya kesinambungan dalam hal personel inti Putin, sebab Putin sangat jarang melakukan perombakan tim inti ini. Kedua jatung kepemimpinan tim bekerja bersama Putin di KGB pada 1990an di St Petersburg.

Selain kelima orang tersebut, ada pula orang-orang lain yang masuk lingkaran kepercayaan Putin untuk melaksanakan proyek-proyek besar infrastruktur. Arkady Rotenberg misalnya, ia bertanggung jawab untuk Olimpiade Musim Dingin Sochi.

Banyak dari para tokoh memegang posisi senior bahkan sebelum Putin berkuasa. Menteri Pertahanan Sergei Shoigu misalnya, ia sebelumnya merupakan mantan Menteri Situasi Darurat. Shoigu merupakan tokoh politik menonjol di paruh kedua 1990an dan Pemimpin Partai United Russia sejak 2001 hingga 2005.

Lalu ada Yuri Trutnev. Ia terpilih menjadi gubernur daerah pada 2000, sebelum ditunjuk menjadi Menteri Sumber Daya Alam dan Ekologi pada 2004. Pada 2013 Trutnev dipromosikan menjadi Wakil Perdana Menteri dan Presiden dengan Kekuasaan Penuh di Distrik Federal Timur Rusia.

Pengamat Rusia juga menunjukkan peran yang dimainkan Vyacheslav Volodin dalam membantu Putin menjalankan politik Rusia sejak 2011. Volodin naik melalui partai politik regional dan nasional, sebelum diangkat ke posisinya di pemerintahan.

Volodin mendirikan kelompok All-Russian Popular Front pada 2011. Kelompok itu berkontribusi untuk memformulasi, implementasi dan monitoring kebijakan pimpinan.

Ada pula tokoh baru seperti Alexander Galushka yang merupakan anggota Popular Front. Ia juga banyak menjabat di komite penasihat presiden dan perdana menteri. Galushka kemudian diangkat menjadi menteri wilayah Rusia Timur Jauh pada 2013.

Semua individu yang masuk dalam lingkaran kepercayaan Putin memiliki reputasi tak main-main. Mereka terkenal pekerja keras, loyal, dan efektif. Ini terbukti dari mereka dapat menyelesaikan tugas-tugas sulit dalam bisnis, administrasi, dan politik negara.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

loading...

Comments

comments!