RI Harus Contoh Brazil yang Ubah Singkong Jadi Bahan Bakar

redaksi.co.id - RI Harus Contoh Brazil yang Ubah Singkong Jadi Bahan Bakar Pemerintah diminta lebih serius dalam mengembangkan sumber energi baru dan terbarukan. Dengan demikian, Indonesia...

33 0

redaksi.co.id – RI Harus Contoh Brazil yang Ubah Singkong Jadi Bahan Bakar

Pemerintah diminta lebih serius dalam mengembangkan sumber energi baru dan terbarukan. Dengan demikian, Indonesia tidak lagi hanya bergantung pada bahan bakar minyak (BBM) yang sebagian besar masih diimpor.

Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, Indonesia harus mencontoh Brasil yang telah berhasil mengembangkan energi baru dari singkong. Bahkan energi tersebut digunakan sebagai bahan bakar pesawat pengganti avtur.

“Brasil itu mengembangkan etanol selama 40 tahun, dan sekarang mereka sudah berhasil bahan bakar pesawat dari singkong,” ujar dia di Jakarta, Selasa (29/12/2015).

“Gas kita juga banyak, ini sudah digaungkan sejak 1995. Tapi kita malah kalah dengan Pakistan yang mulai 1998. Saat ini ada sekitar 3.500 SPBG di Pakistan, jadi kendaraan gampang cari SPBG di sana,” kata dia.

Oleh sebab itu, lanjut Tulus, seberapapun pemerintah menurunkan harga BBM, jika tidak diikuti dengan pengembangan sumber energi lain di dalam negeri, maka Indonesia akan terus bergantung pada impor minyak.

“Sekarang kita impor minyak, 60 persen BBM yang dipakai kita impor. Itu harusnya pakai dari dalam negeri,” ujar Tulus. (Dny/Ahm)

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!