Israel Pecat Kepala Rudal Pertahanan

redaksi.co.id - Israel Pecat Kepala Rudal Pertahanan TEL AVIV -- Kementerian Pertahanan Israel mengatakan telah memecat Kepala Rudal Pertahanan Yair Ramati karena kasus pelanggaran berat informasi...

27 0

redaksi.co.id – Israel Pecat Kepala Rudal Pertahanan

TEL AVIV — Kementerian Pertahanan Israel mengatakan telah memecat Kepala Rudal Pertahanan Yair Ramati karena kasus pelanggaran berat informasi keamanan. Pihak berwenang mengaku sedang menyelidiki kasus ini.

Dilansir laman The Guardian, Senin (28/12), Yair Ramati dipecat untuk kasus pelanggaran berat informasi keamanan. Kementerian mengatakan ia diberhentikan setelah ditemukan informasi rahasia di laptop pribadinya.

Media Israel melaporkan Ramati melanggar protokol dengan mentransfer informasi rahasia itu ke laptopnya. Dikhawatirkan informasi akan lebih mudah dicuri.

Rekan-rekan Ramati terkejut dengan pemecatannya. Mantan direktur komisi energi atom Israel Uzi Eilam mengatakan kepada Radio Israel, ia mengenal Ramati selama 30 tahun dan tak percaya dengan berita itu.

“Saya tak mengerti, dan saya tak tahu apa yang terjadi dan apa yang sebenarnya harusnya dilakukan. Bidang ini kehilangan orang besar, meski tak ada yang tak tergantikan. Ini sangat, sangat disesalkan,” ujar Eilam.

Ramati telah bekerja pada program rudal pertahanan sejak 1981 dan memimpinnya selama empat tahun. Ilmuwan militer Israel Yitzhak Ben Israel mengatakan Ramati sebagai orang yang sangat berbakat. Pemecatan ini menurutnya merugikan Israel.

Beberapa perwira militer Israel dipecat baru-baru ini karena melanggar keamanan. Komandan brigade utara di Israel Ilan Levy juga dipecat setelah mobilnya dicuri padahal mobil itu berisi dokumen rahasia.

Letnan Kolonel Elad Marom juga diberhentikan dari jabatannya. Ia diduga memberikan informasi kepada individu yang tak berwenang.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!