Cerita akun Facebook Briptu Cinde bikin geger

297

redaksi.co.id – Cerita akun Facebook Briptu Cinde bikin geger

Warga dunia maya baru saja digegerkan oleh akun Facebook bernama Cinde Ary Bakhti.

Hal ini setelah pemilik akun Facebook itu melakukan penghinaan terhadap presiden Joko Widodo.

Hebohnya lagi, akun itu diketahui milik seorang anggota Ditlantas Polda Jawa Timur, Briptu Cinde Ary Bakhti.

Status kontroversial di akun FB Briptu Cinde Ary Bakhti itu diunggah pada 20 Desember pukul 15.26 WIB itu berbunyi, “Pengen gue bacok kepala jokowi itu kasih makan ke axxxg bos gw. Presiden bodoh.”Status ini pun langsung menuai kritik dari netizen, salah satunya akun milik Yuan Dharma Djohanli. Komentar Yuan itu berbunyi: Siap dipenjara dan dipecat ya!!. Namun, setelah dibully para netizen, akun FB milik alumni Sekolah Polisi Negara (SPN) Mojokerto, Jawa Timur ini, dihapus.

Usut punya usut ternyata Briptu Cinde Ary Bakhti merupakan anggota Ditlantas Polda Jawa Timur. Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol R Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi wartawan, Senin (28/12) membenarkan bahwa Briptu Cinde Ary Bakhti salah satu anggota Ditlantas Polda Jawa Timur.

Prabowo menyebut, setelah pihaknya melakukan pendalaman, ternyata akun FB milik Briptu Cinde Ary Bakhti itu diretas tiga bulan lalu.”Akun itu dibuat yang bersangkutan sudah sejak lama. Kemudian suatu waktu, di suatu acara, dia (Cinde) bersama rekan sesama polisi foto bersama, lalu dijadikan foto profil di FB-nya,” terang Prabowo di Mapolda Jawa Timur.

Perwira tiga melati di pundak ini melanjutkan, “Tiga bulan lalu, tiba-tiba yang bersangkutan tak bisa membuka FB-nya. Dia pun menduga FB-nya rusak, lalu membuat akun FB baru dan tidak mempedulikan (FB) yang lama, karena dianggap rusak.”

Namun, ternyata akun FB milik Briptu Cinde Ary Bakhti itu dikendalikan orang tak dikenal dan digunakan untuk kejahatan.

Briptu Cinde Ary Bakhti mengetahui hal itu dari informasi kepolisian, yang menyebut ada orang melakukan penipuan melalui FB mengatasnamakan Briptu Cinde Ary Bakhti. “Kami menyelidiki itu. Korbannya di Magetan. Pelakunya sudah ditangkap,” ungkap Prabowo.Dari penelusuran polisi, FB milik Briptu Cinde Ary Bakhti ternyata tidak hanya dikendalikan satu orang, tapi diduga dikelola oleh sejumlah hacker.

“Lalu tiba-tiba ramai diberitakan status FB anggota bersangkutan berisi hinaan terhadap presiden,” sambungnya.Atas kejadian itu, kata Prabowo, Briptu Cinde Ary Bakhti melapor ke SPKT Polda Jawa Timur.

Dan saat ini, tim dari Cyber Crime Dirreskrimsus Polda Jawa Timur tengah melakukan pendalaman kasus tersebut.”Pagi tadi (28/12), yang bersangkutan melapor ke SPKT. Diduga pelaku yang meng-hack akun FB pelapor lebih dari satu orang. Saat ini masih kita telusuri,” pungkasnya.

(red/ochman/rief/RA)

loading...

Comments

comments!