Nelayan Madura Gunakan mFish untuk Tingkatkan Produksi

redaksi.co.id - Nelayan Madura Gunakan mFish untuk Tingkatkan Produksi REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT XL Axiata Tbk (XL) dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura mengikat kerjasama untuk meningkatkan produktivitas...

30 0

redaksi.co.id – Nelayan Madura Gunakan mFish untuk Tingkatkan Produksi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — PT XL Axiata Tbk (XL) dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura mengikat kerjasama untuk meningkatkan produktivitas nelayan setempat. Kerja sama tersebut diwujudkan dengan mengimplementasikan program pemanfaatan sarana digital mFish kepada masyarakat nelayan di 6 desa.

Pada program yang diluncurkan Wakil Bupati Pamekasan, Kholil Asyari, sekitar 110 nelayan akan memanfaatkan layanan mFish.

Vice President East Region XL, Desy Sari Dewi mengatakan dengan menggunakan aplikasi mFish, masyarakat nelayan Pamekasan akan mampu meningkatkan hasil tangkapan mereka, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kualitas hidup.

Desy menambahkan, seiring dengan visi pemerintah untuk menyediakan Desa Broadband di berbagai penjuru tanah air, aplikasi mFish dari XL saat ini telah memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di beberapa lokasi di Lombok dan Bali. ”XL berharap manfaat yang sama bisa didapatkan oleh nelayan di Madura,” kata Desy.

Dalam kerja sama tersebut, nelayan penerima paket mFish akan mendapatkan gratis biaya paket data selama 6 bulan. Paket tersebut berupa handset dengan aplikasi mFish di dalamnya, paket data sebesar 1GB/bulan, serta alat pengisi batere tenaga surya.

Aplikasi mFish sendiri memiliki fitur yang menyediakan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, melalui aplikasi canggih tersebut, nelayan juga bisa saling berkomunikasi.

Pada kerja sama ini, Dinas kelautan dan Perikanan setempat juga akan bisa mendapatkan data riil dari nelayan. Data tersebut mencakup harga ikan, serta jumlah tangkapan dalam jangka waktu tertentu. XL menyediakan pendampingan selama 6 bulan kepada nelayan.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!