5 Raja Assist Kompetisi Top Eropa

redaksi.co.id - 5 Raja Assist Kompetisi Top Eropa Bagi para penyerang, assist sangat dibutuhkan oleh mereka untuk mencetak gol ke gawang lawan. Para pengumpan juga punya...

12 0

redaksi.co.id – 5 Raja Assist Kompetisi Top Eropa

Bagi para penyerang, assist sangat dibutuhkan oleh mereka untuk mencetak gol ke gawang lawan. Para pengumpan juga punya andil besar dalam menentukan kemenangan timnya dalam setiap pertandingan.

Tidak sedikit pemain yang memang bertugas sebagai penyuplai bola-bola matang untuk para striker. Naluri mengumpan menjadikan mereka raja assist di kompetisi-kompetisi papan atas Eropa.

Beberapa nama pemain menjulang berkat kemahiran mereka dalam memberi umpan. Musim ini, nama playmaker Arsenal, Mesut Ozil, paling bersinar untuk urusan assist. Pemain internasional Jerman itu telah membuat 16 assist di Premier League sejauh musim ini.

Bukan hanya dari kompetisi Premier League, Serie A Italia maupun Ligue 1 Prancis juga memiliki raja assist masing-masing. Berikut deretan lima raja assist di kompetisi top Eropa:

5. Cesc Fabregas

Musim ini, penampilan Cesc Fabregas memang jauh menurun dibandingkan dengan musim lalu. Gelandang internasional Spanyol ini andil besar dalam sukses Chelsea meraih dua gelar musim lalu dengan torehan 24 assist di semua kompetisi.

Tapi, Fabregas belum kehilangan sentuhan dalam menyuplai bola untuk para pemain depan. Kendati baru membuat dua assist di Premier League musim ini, Chelsea tetap bergantung kepada Fabregas di lini tengah.

4. David Silva

Sejak didatangkan Manchester City dari Valencia pada musim panas 2010, David Silva langsung menjelma menjadi pemain kunci bagi The Citizens. Umpan-umpannya yang akurat, yang bisa mengubah jalannya pertandingan membuat Silva dijuluki The Little Wizard.

Selama berkostum City, Silva telah mencatatkan 65 assist dan 34 gol di ajang Premier League. Untuk musim ini, Silva banyak diganggu cedera, meski begitu dia sudah membuat tujuh assist di Premier League plus satu assist di Liga Champions.

Kehebatannya juga mengantarkan City meraih dua gelar Premier League.

3. Angel Di Maria

Setelah dua nama dari kompetisi Premier League, Angel Di Maria muncul di posisi ketiga sebagai raja assist dari Ligue 1. Pemain Paris Saint-Germain ini langsung berkontribusi besar pada musim perdananya di kompetisi Ligue.

Sejauh ini, Di Maria sudah menyumbang sembilan assist untuk PSG dan diprediksi masih akan terus bertambah. Tak salah kiranya PSG mengeluarkan 44 juta pounds untuk memboyong Di Maria dari Manchester United pada musim panas lalu. Musim lalu, winger internasional Argentina ini membuat 12 assist untuk United di semua kompetisi.

2. Marek Hamsik

Sosok Marek Hamsik tidak tergantikan di tim utama Napoli. Gol dan assistnya kerap membantu I Partenopei dalam setiap pertandingan, baik di kompetisi Serie A Italia maupun Eropa. Sejauh ini, sudah lima assist dia torehkan untuk Napoli.

Dalam empat musim terakhir, gelandang serang internasional Slovakia ini telah mencatatkan 33 assist untuk Napoli. Untuk jumlah gol, Hamsik sudah menjaringkan gawang lawan sebanyak 26 kali dalam empat musim terakhir bersama Napoli.

Tak salah kiranya bila dia disebut sebagai salah satu raja assist di kompetisi Eropa.

1. Mesut Ozil

Bukan rahasia lagi bahwa bintang Arsenal, Mesut Ozil merupakan pemain yang dianugerahi kemampuan mengumpan yang mumpuni. Terbukti, Ozil selalu menjadi pembeda di lini tengah setiap tim yang dia bela, termasuk Real Madrid dan Timnas Jerman.

Sebagai bukti, pemain berusia 27 tahun ini telah mencetak 16 assist di Premier League sejauh musim ini. Jika performa The Gunners konsisten, dan Ozil mampu terus membuat assist, peluang Arsenal menyudahi puasa gelar Premier League kemungkinan bisa diakhiri.

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!