Tujuh Hashtag Terviral dan Paling Menginspirasi Sepanjang 2015

redaksi.co.id - Tujuh Hashtag Terviral dan Paling Menginspirasi Sepanjang 2015 Dalam momen atau fenomena apapun, hashtag atau tagar selalu hadir di dunia maya dan menjadi hal...

22 0

redaksi.co.id – Tujuh Hashtag Terviral dan Paling Menginspirasi Sepanjang 2015

Dalam momen atau fenomena apapun, hashtag atau tagar selalu hadir di dunia maya dan menjadi hal pertama yang mewakili atau menandainya.

Tak terkecuali atas berbagai momen penting yang terjadi sepanjang 2015 ini, dari yang menjadi sebuah kedukaan hingga kebahagiaan.

Termasuk pula fenomena-fenomena besar yang mengundang pergunjingan atau menjadi bahan pembicaraan di kalangan netizen.

Berikut adalah tujuh hashtag atau tagar terviral yang dikatakan paling menginspirasi selama 2015 ini, disadur dari ABC News dan NBC News.

– #TheDress

Gaun yang warnanya secara visual membuat netizen kebingungan dan bahkan memicu perdebatan sengit telah menginspirasi tagar ini.

Melalui tagar tersebut, netizen memperdebatkan apakah warna gaun yang fotonya diunggah itu berwarna biru-hitam atau putih-emas, hingga mendiskusikan persepsi warnanya.

– #PrayForParis

Tagar ini menjadi trending topic Twitter dunia pada 14 November 2015, setelah insiden penembakan dan bom bunuh diri di penjuru Prancis pada 13 November 2015.

Banyak kantor berita menggunakan tagar itu untuk memperbarui berita terkait tragedi yang menewaskan 129 orang itu, selain netizen yang mengekspresikan kedukaan.

– #LoveWins

Mengikuti keputusan Mahkamah Agung AS melegalkan pernikahan sesama jenis di negara itu pada 26 Juni 2015, netizen menggunakan tagar itu untuk merayakannya.

Tagar tersebut bahkan digunakan pula oleh Presiden AS Barack Obama dalam cuitannya di Twitter pada hari yang sama.

– #RefugeesWelcome

Krisis ledakan pengungsi yang terjadi di Eropa 2015 ini membuat tagar ini dibanjiri oleh dukungan para netizen agar negara-negara mereka menyambut pengungsi.

Melalui tagar ini, netizen juga membagikan foto dan video seputar kegiatan yang mendukung penyambutan para pengungsi yang mayoritas dari Timur Tengah itu.

– #IStandWithAhmed

Gara-gara seorang remaja muslim AS bernama Ahmed Mohamed diborgol dan digiring polisi setelah jam buatannya dikira bom oleh gurunya, timbul kegeraman publik.

Tagar ini menjadi wadah ungkapan dukungan untuk Ahmed, sekaligus kritik atas apa yang dialami remaja yang bahkan didukung oleh Obama itu.

– #YouAintNoMuslimBruv

Teriakan “Anda bukanlah seorang muslim” yang dilontarkan polisi Inggris ketika menyergap seorang pelaku penikaman yang mengaku melakukannya “untuk Suriah”, dikatakan menggugah netizen.

Teriakan yang kemudian menjadi tagar viral itu kemudian memicu dukungan untuk melawan sentimen terorisme yang selalu dikaitkan dengan Islam atau muslim.

– #PlutoFlyby

Selebrasi atas prestasi pesawat New Horizons milik NASA yang berhasil terbang melintas Pluto pada Juli 2015 sampai juga ke kalangan netizen.

Menggunakan tagar tersebut, dibagikan pula berbagai foto dan video yang menjadi dokumentasi terbaik pertama yang pernah diperoleh manusia.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!