Ini yang Harus Jadi Prioritas Kerja Jokowi Memasuki 2016

redaksi.co.id - Ini yang Harus Jadi Prioritas Kerja Jokowi Memasuki 2016 Pemerintahan Kabinet Kerja yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah bekerja lebih dari...

8 0

redaksi.co.id – Ini yang Harus Jadi Prioritas Kerja Jokowi Memasuki 2016

Pemerintahan Kabinet Kerja yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah bekerja lebih dari satu tahun. Namun sepanjang 2015, belum terlihat signifikan realisasi Nawa Cita yang dicanangkan saat kampanye dulu.

Ekonom dari Indonesia for Development of Economic and Financial (INDEF) Ahmad Heri Firdaus mengungkapkan memasuki tahun 2016, ada beberapa hal yang harus menjadi prioritas kerja Presiden Jokowi.

Ini perlu difokuskan untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah yang belakangan mulai luntur akibat melambatnya ekonomi Indonesia yang menyebabkan daya beli masyarakat turun.

“Pertama kali yang perlu dilakukan adalah pemerintah harus bangun infrastruktur industri,” kata dia di kantornya, Rabu (30/12/2015).

Ahmad menuturkan, hal itu menjadi prioritas karena ekspor Indonesia menurun dan kontribusi industri terhadap pertumbuhan ekonomi masih sangat rendah.

Ia menjelaskan, penyerapan tenaga kerja di sektor industri juga masih rendah sepanjang 2015. Bahkan, menurut dia industri pengolahan menjadi salah satu sektor yang mengalami penurunan peran terbesar lantaran ekspor masih tergantung terhadap komoditas (79,6 persen).

Ahmad menegaskan, ketergantungan yang tinggi di sektor komoditas ini menyebabkan nilai ekspor Indonesia sangat rentan terhadap gejolak perekonomian global.

“Jadi harus buat segala sesuatu yang bisa meningkatkan daya saing, yang bisa mendongkrak ekspor harus bisa dilakukan. Seperti bangun kawasan industri, konektivitasnya, dan lain-lain,” tegas dia.

Dengan adanya infrastruktur industri yang memadai tersebut, ia mengharapkan program hilirisasi yang dicanangkan pemerintah beberapa waktu lalu bisa kembali dijalankan.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!