Ini 5 Faktor Keperkasaan Arsenal Musim Ini

redaksi.co.id - Ini 5 Faktor Keperkasaan Arsenal Musim Ini Arsenal semakin mempertegas posisi sebagai calon kuat juara Liga Primer Inggris musim ini. Kemenangan 1-0 atas Newcastle...

41 0

redaksi.co.id – Ini 5 Faktor Keperkasaan Arsenal Musim Ini

Arsenal semakin mempertegas posisi sebagai calon kuat juara Liga Primer Inggris musim ini. Kemenangan 1-0 atas Newcastle United pada pekan ke-20 telah menambah poin mereka menjadi 42.

Unggul dua poin atas Leicester City di peringkat ke-2, Arsenal kokoh memimpin puncak klasemen sementara Liga Inggris.

Menyisakan 18 partai lagi musim ini, Meriam London punya kans besar untuk menuntaskan puasa gelar mereka yang sudah berlangsung 11 tahun lamanya.

Terkait kemenangan atas Newcastle, berikut lima hal analisis yang dilansir dari World Soccer Talk terhadap kekuatan Arsenal hingga bisa menunjukkan performa terbaiknya sejauh ini.

1. Taktik Wenger

Hal fundamental dari keberhasilan sebuah tim tak lain dan tak bukan ialah soal taktik sang pelatih. Arsene Wenger memang dikenal sebagai penganut paham taktik yang berfokus pada melemahkan kekuatan lawan.

Meski fokus juga untuk membuat skuatnya tajam, The Professor pada musim ini lebih senang menerapkan serangan balik dalam setiap pertandingan kesebelasan racikannya.

Kemenangan atas Newcastle ini menjadi bukti teranyar. Dia menempatkan gelandang bertahan Mathieu Flamini bergerak bebas menghancurkan serangan lawan untuk kemudian mengubahnya menjadi serangan.

2. Memanfaatkan secara maksimal waktu istirahat akhir tahun

Sama dengan tim-tim lainnya, Arsenal juga dihadapkan pada ketatnya jadwal Liga Primer Inggris pada penghujung 2015. Namun ketika semua tim kelelahan, Arsenal justru bisa tampil prima.

Buktinya ketika melawan Newcastle, bintang The Gunners Mesut Ozil bisa membukukan catatan berlari 10 kilometer. Para pemain lainya seperti Chamberlain, Olivier Giroud, dan Aaron Ramsey pun tampak lincah dalam bergerak.

Meski pemain kreatif seperti Santi Cazorla sedang cedera, namun kembalinya gelandang berpengaruh di skuat Arsenal itu dalam pekan-pekan mendatang akan semakin membuat Meriam London tambah kuat.

3. Peran baru Francis Coquelin

Francis Coquelin sukses melakoni perannya sebagai gelandang bertahan pada musim ini setelah pada edisi sebelumnya dikenal sebagai bek tangguh. Tak disangka, kejeniusan Wenger untuk membuat pemain asal Prancis itu sebagai gelandang sudah sangat mengubah kekuatan Arsenal.

Masih dari laga melawan Newcastle, Coquelin juga menunjukkan kapasitasnya. Mulai dari melakukan banyak intersep serangan The Toon Army, hingga membuat banyak tekel bersih membuat dia ikut menyumbang perang besar pada laga tersebut.

Stok gelandang bertahan yang dikabarkan akan segera terisi dalam pembelian bursa transfer Januari pun kemungkinan sudah tidak dibutuhkan.

4. Tajamnya Giroud dan Walcott

Ketajaman Olivier Giroud yang sudah membuat 15 gol di semua ajang musim ini juga ikut menopang laju Arsenal.

Sentuhannya dalam membobol lawan yang tidak hanya berasal dari Liga Primer Inggris pada berbagai ajang (Piala Liga, FA, dan Champions) membuat dia punya kontribusi maksimal pada capaian Arsenal di Liga Primer Inggris.

Ketajaman Giroud juga ikut diikuti oleh Theo Walcott. Pemain yang andal di ragam posisi menyerang ini punya koleksi enam gol. Kekuatan Arsenal dijamin akan semakin beringas dengan kembalinya Danny Welbeck dan Alexis Sanchez dalam waktu dekat pasca cedera.

5. Kokohnya Tembok Petr Cech

The Professor membuktikan ucapannya tentang cukup satu pemain tambahan di bursa musim panas lalu untuk membuat skuatnya komplet. Mendatangkan Petr Cech dari Chelsea, kiper jangkung ini langsung memberikan kontribusi maksimal bagi Arsenal.

Sembilan clean sheets bersama Arsenal dalam 20 laga membuat Cech benar-benar jadi tembok kokoh The Gunners yang kerap terlalu fokus menyerang. Sepak terjang pengoleksi 171 clean sheets di Liga Primer Inggris ini kembali menunjukkan kehebatnnya saat melawan Newcastle.

Meski dibombardir enam tembakan tepat sasaran, tak ada satu pun yang sanggup meruntuhkan tembok asal Republik Ceko ini. Dibanding kiper-kiper Arsenal sebelumnya, Szczesny, Almunia dan Ospina, Cech tentu punya kualitas jauh lebih baik.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!