Libur Panjang, Tingkat Hunian Hotel di Anyer Capai 80%

redaksi.co.id - Libur Panjang, Tingkat Hunian Hotel di Anyer Capai 80% Keamanan yang terjaga selama libur Natal dan Tahun Baru 2016 menjadi faktor penting meningkatnya tingkat...

10 0

redaksi.co.id – Libur Panjang, Tingkat Hunian Hotel di Anyer Capai 80%

Keamanan yang terjaga selama libur Natal dan Tahun Baru 2016 menjadi faktor penting meningkatnya tingkat hunian (okupansi) hotel di wilayah Anyer, Banten. Pengelola hotel meminta kepada pemerintah agar melakukan pembinaan sehingga bisa meningkatkan daya saing.

“Hotel di sepanjang Anyer sampai Cinangka itu ada 2.000 kamar. Hunian hotel di Anyer di libur kali ini rata-rata mencapai 80 persen,” kata Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang, Norman Farr, saat ditemui di kawasan Anyer, Minggu (3/1/2016).

Norman bercerita, saat libur tahun baru 2015 kemarin, wisatawan yang melalui jalur Kota Cilegon dengan tujuan Anyer, harus menempuh perjalanan hingga delapan jam. Namun kini, mereka bisa menempuhnya selama tiga jam saja, meski masih dalam kondisi macet.

Para pengelola hotel dan daerah wisata di Pantai Anyer berharap agar pemerintah dan aparat kepolisian bisa saling bekerjasama agar wisatawan dapat terus berdatangan ke Banten. Sehingga mampu menambah pemasukan bagi kas daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“pemerintah harus berperan promosi dalam kawasan wisata Anyer. Seperti SDM, orang lokal dibina, dibimbing untuk ide kreatif, seperti home industri untuk dijual. Kalau ke Jogja dan Bandung, ada ciri khas, kalau di Anyer belum ada. Malah yang dijual peyeum khas Bandung,” kata aasisten front office manager Hotel Mambruk, Farid, saat ditemui diruangannya, Minggu (03/01/2016).

Hotel Mambruk Anyer yang memiliki 128 kamar ini mengatakan bahwa kondisi libur Natal dan Tahun Baru saat ini kondisinya sangat baik karena kondusifitas keamanan di Banten.

“Khusus untuk natal ada peningkatan, dari tanggal 24 sampai 28 desember per hari di tahun ini rata 90 persen, kalau di tahun lalu tidak sampai 4 hari. Libur tahun baru 100 persen, terisi penuh,” tegasnya. (Yandhi Deslatama/Gdn)

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!