Riset: Pakai Baju Berwarna Picu Kenaikan Gaji dan Promosi

redaksi.co.id - Riset: Pakai Baju Berwarna Picu Kenaikan Gaji dan Promosi Bagi Anda yang cenderung cuek dalam berbusana, ada baiknya untuk mulai memperhatikan pakaian kerja.Melansir halaman...

51 0

redaksi.co.id – Riset: Pakai Baju Berwarna Picu Kenaikan Gaji dan Promosi

Bagi Anda yang cenderung cuek dalam berbusana, ada baiknya untuk mulai memperhatikan pakaian kerja.

Melansir halaman complexKamis (31/12/2015), sebuah studiyang dilakukan oleh firma riset asal Inggris Case Station mengungkap bahwa memakai busana berwarna cerah dapat membuat pegawai terlihat imaginatif. Untuk itu, terdapat kemungkinan lebih tinggi bagi mereka untuk diberi kenaikan gaji dan promosi. Hasil riset mengatakan bahwa 20 persen responden berusia 25-34 mengaku jika berpakaian warna-warni membuat penghasilan lebih terjamin. Sedangkan satu dari lima pekerja berusia 18-34 tahun pun mengatakan hal yang sama.

Psikolog Sir Cary Cooper menjelaskan beberapa alasan yang mendasari hasil penelitian tersebut. Pertama, memakai banyak warna dapat membuat kita merasa lebih baik sehingga tugas kantor bisa dilaksanakan dengan lebih maksimal. Kedua, memakai baju berpalet cerah juga dapat menjadi ekspresi dan bukti bahwa orang tersebut memiliki tingkat percaya diri yang tinggi dan kreatif.

Meski dianggap bisa mengembangkan karier, cara ini tidak mudah diterapkan bagi pria. Tidak semua pria bisa mengenakan baju cerah kecuali mereka bekerja di sektor kreatif, seperti media atau PR. Namun bukan berarti teknik ini tak dapat diterapkan sama sekali. Menurut Cary, pria yang umumnya mengenakan baju kerja formal dapat menampilkan warna pada dasi.

“Lihat saja pakaian yang dipakai pembawa acara TV Jon Snow. Dia memakai dasi dan kaus kaki warna-warni dan hal tersebut memberikan statement. Dia seperti berkata bahwa aku bukan pembaca berita biasa, tetapi ada yang sesuatu yang lebih padaku,” kata Cary.

Pakaian kantor yang cerah tidak hanya berpengaruh pada mood pemakainya namun juga rekan-rekan di sekitar. Menurut penelitian, hal tersebut dapat memunculkan aura positif pada pemakai sehingga sebanyak 23 persen responden mengaku jika orang yang memakai busana terang terlihat lebih senang di tempat kerja. Lalu 21 persen lainnya mengatakan jika mereka mengagumi gaya pakaian seperti itu.

Lalu warna seperti apa yang dapat mempengaruhi karier?

Menurut riset, 27 persen responden mengatakan busana dengan banyak warna adalah busana yang paling membuat seseorang terlihat kreatif atau imaginatif. Dikuti dengan warna merah sebanyak 15% dan warna ungu menempati posisi setelahnya dengan presentase10 persen. (vna/Zul)

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!