Masuk 2016, Pedagang Sayuran Mulai Khawatir dengan Musim Hujan

redaksi.co.id - Masuk 2016, Pedagang Sayuran Mulai Khawatir dengan Musim Hujan Di awal 2016, sejumlah harga kebutuhan pokok seperti sayuran di pasar tradisional masih dibandrol di...

21 0

redaksi.co.id – Masuk 2016, Pedagang Sayuran Mulai Khawatir dengan Musim Hujan

Di awal 2016, sejumlah harga kebutuhan pokok seperti sayuran di pasar tradisional masih dibandrol di level yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan sebelum hari raya Natal 2015 lalu.

Harti (55), salah satu pedagang sayuran di Pasar Tegal Parang, Jakarta Selatan, mengungkapkan, bawang merah dan cabai merupakan beberapa contoh komoditas yang harganya belum kembali normal atau masih tetap tinggi.

“Cabai merah keriting sekarang masih di harga Rp 32 ribu per kilogram (kg) dan bawang merah juga masih Rp 25 ribu per kg,” kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (4/1/2016).

Baca Juga

Meski masih tinggi, Harti mengaku kedua jenis bahan pangan tersebut sudah mengalami penurunan jika dibandingkan minggu lalu. Pada pekan lalu, harga cabai merah keriting turun Rp 2.000 per kg) dan bawang merah turun Rp 3000 per kg.

Meskipun harga sudah mengalami penurunan, Harti mengaku khawatir harga bahan pangan akan kembali melonjak seiring dengan mulai seringnya hujan di daerah Jakarta dan sekitarnya.

“Kalau hujan terus, pasti banjir, itu barang susah masuk ke Jakarta, jadi naik lagi nanti, seperti itu terus setiap tahunnya,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu pembeli, Eni (38) berharap untuk 2016 hara sejumlah harga kebutuhan pangan dan sayuran lebih stabil jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu dirinya meminta pemerintah untuk lebih bekerja keras.

“Harus ada perbaikan, kami rakyat kecil hanya bisanya beli di pasar-pasar, kalau harga di pasar sudah naik, kita sudah terasa sekali,” paparnya.

Berikut harga sejumlah bahan pangan dari hasil pantauan liputan6.com:

Cabai merah keriting Rp 32 ribu per kg

Cabai rawit merah Rp Rp 25 ribu per kg

Cabai rawit hijau Rp 18 ribu per kg

Bawang merah Rp 25 ribu per kg

Bawang putih Rp 22 ribu per kg

Tomat Rp 10 ribu per kg

Buncis Rp 18 ribu per kg

Kentang Rp 15 ribu per kg

Beras kualitas premium Rp 10.500 per kg

Beras kualitas medium Rp 9.500 per kg

Daging Sapi Rp 105 ribu per kg

Telur ayam Rp 22 ribu per kg.

(Yas/Gdn)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!