Mengintip Usaha Sampingan 8 Pemain Persib Bandung

redaksi.co.id - Mengintip Usaha Sampingan 8 Pemain Persib Bandung Menjadi pesepak bola profesional memang bukan profesi yang bisa dilakoni sepanjan hayat. Usia yang terus bertambah menjadi...

45 0

redaksi.co.id – Mengintip Usaha Sampingan 8 Pemain Persib Bandung

Menjadi pesepak bola profesional memang bukan profesi yang bisa dilakoni sepanjan hayat. Usia yang terus bertambah menjadi kendala bagi para pemain untuk tetap bertahan di lapangan hijau. Itu sebabnya, pemain sebaiknya mempersiapkan diri untuk mengisi waktu setelah pensiun nanti.

Usia di atas 30 tahun bagi para pesepakbola biasanya menjadi momentum untuk memikirkan masa depan. Jika ingin tetap berkarier di dunia si kulit bundar, para pemain sebaiknya mulai menjajaki kursus kepelatihan. Namun bila tidak, merintis bisnis sampingan juga layak untuk dicoba.

Sejumlah pemain Persib sudah melakukannya. Mereka mulai menggeluti dunia bisnis sembari menjalani profesi sebagai pesepak bola. Berikut 8 pemain Maung Bandung yang mulai berjualan:

1. Hariono

Dengan merek H24 yang menandakan nomor punggungnya, gelandang yang dijuluki Gattuso Persib ini baru-baru ini merilis beberapa baju dan dijual secara online, serta dipajang dibeberapa gerai.

2. Dias Angga Putra

Dias juga memilih untuk merintis usaha penjualan kaos bergambar dirinya. Dias berharap selain lewat usaha ini, dia bisa belajar berwirausaha sekaligus ingin lebih dekat dengan bobotoh karena pemesanan baju hanya melalui akun resminya sehingga bisa berinteraksi langsung.

3. Taufiq

Gelandang mungil ini bersama sang istri baru saja memcoba peruntunganya didunia fesyen dengan melempar merek T-eight ke pasaran. Bisnis ini seluruhnya ditangani oleh sang istri. Taufiq hanya berperan dalam penentuan desain dan jenis kain.

4. Tantan

Di Jalan Kolonel Masturi, RW 06, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, striker Persib, Tantan baru saja terjun ke bisnis kuliner. Dengan konsep berbau sepak bola dan Persib, Tantan berharap usahanya ini bisa berhasil layaknya prestasi dalam dunia sepak bola.

5. Dedi Kusnandar

Dedi sudah lebih dahulu menguji peruntungan dunia kuliner. Mantan kapten Timnas U-23 itu awalnya membuka warung makan Dado De Ceker and Wings di kawasan Jatinangor. Selain usaha kuliner tersebut, Dedi Kusnandar juga memiliki bisnis sampingan lain yaitu kontrakan.

6. Tony Sucipto

Bisa dikatakan Tony Sucipto merupakan pemain Persib pertama yang menggeluti bisnis kuliner. Mantan pemain timnas itu mengawali bisnisnya dengan menghadirkan warung Sambel Hejo di jalan Sukimi No 12, Kota Bandung.

Kini Tony tengah mencoba mengembangkan usahanya dengan membuka cabang di Jakarta. Selain itu Tony bersama Airlangga Sucipto memiliki usaha kuliner bernama Street Gourmet yang memiliki konsep menyantap makanan dalam bus atau bus restoran.

7. Atep

Dunia usaha yang dirintis oleh kapten Persib ini berbeda dengan para koleganya. Pemain kelahiran Cianjur ini memiliki bisnis yang tidak jauh dari dunia si kulit bundar. Atep memiliki sebuah sekolah sepak bola dengan nama SSB A7 dan sebuah lapangan futsal di Cianjur.

8. Rudiyana

Meski hanya sebagai pemodal, Rudiyana tampak serius menggeluti usaha yang dijalankan oleh sang kakak. Berbekal hobi memancing, Rudiyana membuka toko peralatan memancing di kawasan Mengger, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!