Batal Naik Pesawat Uang Bisa Kembali, Ini Aturannya

redaksi.co.id - Batal Naik Pesawat Uang Bisa Kembali, Ini Aturannya Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara, Kementerian Perhubungan, Muzaffar Ismail, mengatakan aturan pengembalian uang (...

18 0

redaksi.co.id – Batal Naik Pesawat Uang Bisa Kembali, Ini Aturannya

Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara, Kementerian Perhubungan, Muzaffar Ismail, mengatakan aturan pengembalian uang ( refund ) tiket pesawat akan berlaku akhir Januari 2016. “Pekan depan kami sosialisasikan dengan maskapai, akhir bulan sudah bisa berjalan,” kata dia di kantornya, Senin, 4 Januari 2016.

Dengan adanya aturan baru ini, maskapai wajib mengembalikan uang calon penumpang yang membatalkan penerbangan. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 185 tahun 2015 soal Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang disahkan November 2015.

Dalam aturan itu, kata Muzaffar, ada mekanisme tertentu soal pengembalian uang calon penumpang tersebut. Pertama, pembatalan di atas 72 jam (sebelum jadwal keberangkatan) oleh penumpang mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 75 persen dari tarif dasar. Kedua, pembatalan di bawah 72 jam sampai dengan 48 jam mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 50 persen dari tarif dasar. Ketiga, pembatalan di bawah 48 jam sampai dengan 24 jam oleh penumpang mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 40 persen dari tarif dasar.

Keempat, pembatalan di bawah 24 jam sampai dengan 12 jam mendapatkan pengembalian paling sedikit 30 persen dari tarif dasar. Kelima, pembatalan di bawah 12 jam sampai dengan 4 jam oleh penumpang mendapatkan pengembalian paling sedikit 20 persen dari tarif dasar. Keenam, pembatalan di bawah 4 jam oleh penumpang mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 10 persen dari tarif dasar dan/atau sesuai dengan kebijakan badan usaha angkutan udara niaga berjadwal.

Untuk kondisi force majeur , kata Muzaffar, penumpang dapat meminta pengembalian jasa angkutan udara sebesar harga tiket yang dibeli penumpang alias 100 persen. Aturan itu, ujarnya berlaku dengan ketentuan pemotongan biaya administrasi sebesar masing-masing 20 persen untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan full service, 15 persen untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan medium service , dan 10 persen untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan no-frills.

Kemenhub juga mengatur jangka waktu pengembalian biaya tiket oleh maskapai kepada penumpang. Jangka waktu pengembalian adalah wajib selambat-lambatnya 15 hari kerja sejak pengajuan untuk pembelian tiket secara tunai, dan 30 hari kerja sejak pengajuan untuk pembelian tiket dengan kartu kredit atau debit.” Muzaffar menyatakan, aturan ini juga berlaku buat seluruh jenis kelas dan bentuk tiket. “Mau kelas ekonomi, bisnis, atau dijual dengan harga promo maupun normal semuanya tetap harus mendapatkan refund .”

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!