Wow, Tunjangan PNS Kementerian Agama Bisa Capai Rp 22 Juta Per Bulan

redaksi.co.id - Wow, Tunjangan PNS Kementerian Agama Bisa Capai Rp 22 Juta Per Bulan Kementrian Agama (Kemenag) Surabaya fokus pada pengembangan prasarana madrasah, mulai dari bantuan...

47 0

redaksi.co.id – Wow, Tunjangan PNS Kementerian Agama Bisa Capai Rp 22 Juta Per Bulan

Kementrian Agama (Kemenag) Surabaya fokus pada pengembangan prasarana madrasah, mulai dari bantuan ke beberapa sekolah hingga pengurusan lahan untuk dijadikan madrasah baru.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Surabaya, Mohammad Bakri menjelaskan penambahan sekolah ini masih dalam tahap perijinan dari pemerintah kota setelah proses jual beli di kecamatan Benowo.

“Masih dalam penandatanganan sekretaris dan PJ Wali Kota. Rencananya tahun ini masih kepengurusan administrasi,” ujarnya saat ditemui SURYA dalam Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI ke 70 di MAN Wonorejo Surabaya, Minggu (3/1/2016).

Tanah yang dibangun untuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN) memiliki tanah seluas 8.550 meter persegi, lalu kini menjadi 9.500 persegi berkat sumbangan masyarakat.

Selain itu anggaran tersebut juga dikhususkan untuk peningkatan kualitas guru dengan berbagai macam bimbingan teknis.

“Bimtek ini sudah mencakup pelatihan untuk peningkatan mutu guru,” tuturnya.

Di sini juga akan dibangun enam bangunan, yakni satu masjid, ruang tata usaha, ruang guru, dan sisanya adalah kelas untuk proses pembelajaran.

Sementara, saat ini yang mendesak diperbaiki di madrasah adalah sarana dan prasarananya.

Untuk itu, ia masih berupaya meningkatkan kualitas sarana madrasah.

Selain menambah MAN, perbaikan rehab pada setiap madrasah juga menjadi perhatian.

Ditanya terkait anggaran, Bakri belum dapat mengatakan rinciannya.

“Yang jelas anggaran mirip seperti yahun lalu. Hanya, jika madrasah kekurangan dana dapat mengajukannya lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN P) nantinya,” paparnya.

Pada 2015 lalu, anggaran perbaikan sarana madrasah per lembaga sebesar Rp 65 juta. Itu termasuk pada tingkat rehab ringan.

“Kalau kategori rehab berat anggarannya mencapai Rp 102 juta. Misalnya seperti atap roboh,” terangnya.

Tahun ini kemenag juga menyediakan dana untuk tunjangan kinerja tiap bulannya.

Tunjangan kerja ini diberikan pada seluruh pegawai PNS dibawah lingkup Kemenag, termasuk pegawai Tata Usaha di Madrasah yang sudah PNS.

“Untuk apresiasi atas pencapaian kinerja, penilaiannya sudah tahun lalu dari BPK dan BPKP. Nanti kepala TU dan pegawainya yang sudah PNS di setiap madrasah juga akan dapat tunjangan ini tiap bulannya berdasarkan jabatannya,” tambah Kepala TU Kankemenag Surabaya, Nurhasan.

Penilaian pegawai termasuk budaya kerja, sinergitas, profesionalitas, serta integritasnya.

Menurutnya, penilaian ini telah dilakukan secara nasional di ranah kemenag dengan penilaian sebesar 40 persen, atau wajar dengan catatan.

“Saya nanti juga dapat tunjangan, tunjangan ini mulai dari Rp 1.766.000 sampai Rp 22.842.000,” ujarnya.

Sementara itu Kepala MAN Wonorejo Surabaya, Denny Mahmud Fauzi menjelaskan pendanaan tahun ini sekolahnya mendapat dana berkisar Rp 6 miliar, namun dana ini sebagian besar untuk gaji guru.

Padahal seperti kebanyakan madrasah, sekolahnya membutuhkan banyak pembangunan sarana prasarana.

“Pemerintah masih minim dalam menganggarkan untuk sarana dan prasarana. Sekolah kami hanya mendapat bantuan sebanyak Rp 500 juta. Padahal seharusnya untuk seluruh perbaikan fisik kita menganggarkan Rp 2,7 miliar, tuturnya.

Peningkatan madrasah, menurut Denny juga perlu memperhatikan kualitas guru.

Sebaiknya lebih banyak pelatihan untuk guru madrasah. Kalau mengandalkan tunjangan guru saja kurang maksimal, tuturnya.

Dia menambahkan, kualitas guru madrasah yang baik akan berdamapak pada kualitas siswa.

“Efeknya siswa akan dididik lebih baik. Sehingga harapannya dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan diterima di perguruan tinggi bergengsi,” ujarnya.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!