Larang Imigran Meksiko, Tapi Iklan Donald Trump Tampilkan Imigran Maroko

redaksi.co.id - Larang Imigran Meksiko, Tapi Iklan Donald Trump Tampilkan Imigran Maroko Rilis iklan kampanye kandidat capres AS Donald Trump dikatakan sempat menuai kontroversi.Hal itu disebabkan...

12 0

redaksi.co.id – Larang Imigran Meksiko, Tapi Iklan Donald Trump Tampilkan Imigran Maroko

Rilis iklan kampanye kandidat capres AS Donald Trump dikatakan sempat menuai kontroversi.

Hal itu disebabkan oleh seperti adanya “kekeliruan” ilustrasi pada iklan yang akan ditayangkan pada Selasa (5/1/2016).

Pada iklan tersebut, disertakan cuplikan ilustrasi yang dikatakan dimaksudkan untuk memperlihatkan imigran Meksiko berlari mendekati perbatasan AS.

Namun, laman Politifact mengatakan bahwa ilustrasi tersebut justru adalah seribu imigran Maroko yang sedang menyeberang menuju Melilla, Spanyol.

“Pernyataannya tidak akurat dan malah membuat klaim yang konyol,” demikian komentar yang diberikan oleh Politifact, dikutip TIME.

Ketidakakuratan itu kemudian menjadi bahan cemooh netizen dan media, yang menganggap Donald hanya asal mengambil ilustrasi untuk materi iklannya.

Donald memang dalam beberapa kampanyenya kerap menyuarakan niat untuk memberantas imigran ilegal yang banyak datang dari Meksiko.

Niat yang Donald janjikan itu akan diwujudkan dengan membangun sebuah tembok di perbatasan antara AS dan Meksiko.

Merespons komentar tersebut, manajer kampanye Donald hanya mengatakan bahwa video imigran Maroko itu memang sengaja dipilih untuk ditampilkan.

“Tentu saja itu bukan di perbatasan Meksiko, tapi (AS) nantinya akan terlihat seperti itu,” kata manajer kampanye Donald Trump Corey Lewandowski.

Kepada NBC News, ia mengatakan bahwa video itu dipilih untuk memperlihatkan AS akan menjadi seperti itu jika imigran ilegal tak diberantas. (New York Times/TIME)

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!