Genjot Ekspor Mobil, Pemerintah Siapkan Kebijakan Baru

redaksi.co.id - Genjot Ekspor Mobil, Pemerintah Siapkan Kebijakan Baru Pemerintah berencana mengeluarkan kebijakan baru di sektor industri otomotif. Kebijakan ini akan mendorong pertumbuhan industri otomotif di...

9 0

redaksi.co.id – Genjot Ekspor Mobil, Pemerintah Siapkan Kebijakan Baru

Pemerintah berencana mengeluarkan kebijakan baru di sektor industri otomotif. Kebijakan ini akan mendorong pertumbuhan industri otomotif di dalam negeri sekaligus meningkatkan ekspor kendaraan roda empat.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, kebijakan baru tersebut rencananya akan dikeluarkan pada Maret atau April tahun ini.

“Di dalam bulan Maret atau April kita akan mengeluarkan peraturan baru untuk industri otomotif yang diharapkan akan menumbuhkan lagi industri otomotif,” ujarnya di Jakarta, Rabu (6/1/2016).

“Kita membutuhkan pertumbuhan, seperti yang kita tahu selama ini kita kebanyakan MPV, ke depan kita harapkan tumbuhnya industri sedan. Sedan kecil akan kita dorong untuk bisa tumbuh, akan ada beberapa penyesuaian,” jelasnya.

Pertumbuhan industri mobil jenis sedan di dalam negeri nantinya, lanjut Putu, diharapkan akan berdampak pada pertumbuhan ekspor mobil Indonesia. Namun sejauh ini dia masih enggan menjelaskan secara rinci kebijakan baru tersebut.

“Kita akan memfasilitas tumbuhnya sedan kecil, yang dari sisi PPNBM (pajak pertambahan nilai untuk barang mewah) agak berbeda. Supaya kita bisa tingkatkan ekspor karena permintaan ekspor lebih banyak sedan dari pada MPV. Itu yang kita harapkan diindustri ini,” kata dia.

Meski demikian, Putu menyatakan kebijakan baru ini diharapkan akan mendorong investasi otomotif di dalam negeri sehingga pada ujungnya akan mendorong pertumbuhan industri tersebut.

“Akan dikaitkan dengan rencana investasi dan PPNBM, tentunya untuk tujuan ekspor,” tandasnya. (Dny/Zul)

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!