Setiap Bulan Ada 12 Penderita HIV/ AIDS

429

Magetan – redaksi.co.id, Penderita HIV/AIDS di Magetan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Di awal tahun ditemukan ada 25 penderita HIV/AIDS oleh Dinas Kesehatan setempat.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan hingga sekarang tercatat sebanyak 288 warga positif terjangkit HIV/AIDS. Sebanyak 128 di antaranya meninggal dunia. Yang harus diwaspadai, tren penderita HIV/AIDS cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Di awal 2015 saja, ada temuan sebanyak 25 orang penderita HIV/AIDS. Kalau dirata-rata, ada 12 penderita baru setiap bulannya. Kebanyakan penularan virus mematikan tersebut karena hetro seksual atau seks bebas. Dari jumlah penderita itu, delapan di antaranya adalah anak-anak, dan satu meninggal dunia.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyahatan Lingkungan Dinkes Magetan Didik Setyo menjelaskan, penderita HIV/AIDS hampir menyeluruh di Kabupaten Magetan. Terbanyak di kecamatan Maospati. Ini tidak lepas dari adanya lokalisasi pelacuran di kecamatan Maospati.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan terus melakukan sosialisasi pencegahan HIV/AIDS, terutama di kalangan pelajar,” kata Didik Setyo Margono.
 
Di samping itu, Dinkes juga melakukan pengawasan rutin kepada mereka yang dinyatakan ODHA, atau keluarga ODHA yang sudah meninggal. Untuk pengobatan, Dinkes menyediakan enam tempat, yaitu RSUD dr Sayidiman Magetan, dan di beberapa Puskesmas, seperti Panekan, dan Maospati. (pul)

loading...

Comments

comments!