4 Cara Sederhana Ajarkan Anak Atur Keuangan

178

redaksi.co.id – 4 Cara Sederhana Ajarkan Anak Atur Keuangan

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak lebih mudah untuk belajar dengan contoh dan praktek daripada diberikan teori-teori ekonomi dan manajemen keuangan.

Membuat anak lebih melek keuangan akan membantu orangtua dari pemborosan yang ditimbulkan anaknya sendiri sekaligus mendidik mereka untuk mengurus diri saat sudah dewasa nanti.

Melansir HuffingtonPost.com, Selasa (5/1/2016), berikut ini 4 hadiah sederhana yang bisa Anda berikan untuk membuat anak, adik, atau keponakan yang masih kecil agar lebih melek keuangan:

1. Berikan celengan untuk tempat menabung

Nah, Anda bisa memberikan celengan sederhana atau bahkan berbentuk karakter kartun kesukaan anak tersebut agar ia lebih giat menabung. Ajarkan kepadanya cara menyisihkan uang untuk menambal pengeluaran boros yang sudah dia lakukan.

Jika si anak diberikan uang jajan Rp 20 ribu sehari, ajarkan untuk menyisihkan Rp 5.000 per harinya dengan memasukkan ke celengan. Dalam satu bulan, ia dapat mengumpulkan hingga Rp 200 ribu dengan catatan disiplin dalam melakukannya.

Izinkan dia untuk menggunakan tabungan tersebut membeli mainan idaman hanya dengan uang tabungan. Jadi ia akan terbiasa untuk belajar menyisihkan uang.

2. Berikan buku tulis untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran

Anda bisa mengajarkan dengan sederhana tentang konsep uang masuk dan uang keluar. Bisa mengajarkannya untuk disiplin mencatat pengeluaran seperti makanan dan membeli mainan di buku.

Selain itu, Anda juga perlu mencontohkan cara mencatatkan pemasukan seperti uang jajan atau tambahan uang saku dari membantu kegiatan di rumah.Kalau boros, ia akan sadar dengan sendirinya dari jumlah uang keluar yang ia catat dan berharaplah ia mulai jera untuk memboroskan uang.

3. Berikan tambahan uang jajan

Tentunya bukan diberikan serta merta. Buat kesepakatan dengan si anak bahwa dia akan mendapatkan uang dari membuat pekerjaan rumah dan bonus apabila berhasil mendapatkan nilai ulangan di atas 90 berturut-turut. Ingatkan bahwa uang yang dikumpulkan bisa ditabung untuk menambah berat celengannya.

4. Berikan kesempatan mencoba bisnis

Jika Anda punya bisnis sendiri, meskipun skalanya kecil, bisa mengajak dia ikutan berbisnis kecil-kecilan meski hanya sehari. Dengan begini, dia akan mulai mengerti susahnya mencari uang dan belajar untuk tidak boros.

Kalau ternyata dia berbakat bisnis dan malah meningkatkan pemasukan, maka Anda juga yang untung karena dia dilibatkan dalam bisnis. (Vna/Nrm)

(red//ur/sikin/MNA)

loading...

Comments

comments!