Rizal Ramli Buka Rahasia Jokowi di Markas Tribunnews

redaksi.co.id - Rizal Ramli Buka Rahasia Jokowi di Markas Tribunnews Mobil dinas plat nomor RI 18 bersama rombongan kendaraan lainnya,Kamis (7/1/2016) berhenti di depan kantor Tribun,...

195 0

redaksi.co.id – Rizal Ramli Buka Rahasia Jokowi di Markas Tribunnews

Mobil dinas plat nomor RI 18 bersama rombongan kendaraan lainnya,Kamis (7/1/2016) berhenti di depan kantor Tribun, Jalan Palmerah Selatan No.3, Jakarta Pusat.

Begitu turun dari kendaraan, terlihat Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli.

Dengan senyum khasnya, Rizal Ramli menyalami General Manager Tribun Network Febby Mahendra dan Pemimpin Redaksi Tribunnews.com Dahlan Dahi yang sudah menanti di Loby Gedung Tribun.

Setelah bersalaman, Rizal yang ditemani delapan anak buahnya, langsung naik ke lantai dua tempat redaksi Tribunnews.com.

Tanpa sungkan, menteri yang dilantik pada 12 Agustus 2015 lalu, itu masuk ke ruang redaksi dan menyalami para jurnalis dan editor Tribunnews.

Kedatangan Rizal ke markas Tribun bukan untuk pertama kalinya.

Sebelum masuk ke dalam kabinet kerja, Rizal pun sudah pernah terlebih dahulu menyambangi kantor Tribun di gedung pada tahun 2014.

“Sekarang gedung Tribun semakin bagus,” ungkap Rizal.

Di hadapan para pimpinan dan kru Tribunnews, Rizal yang mengenakan kemeja berwarna biru muda dan bercorak bunga mulai menceritakan kisah awalnya masuk di kabinet kerja pimpinan Presiden Joko Widodo.

Sembari membersihkan kacamata dengan frame bening, Rizal mengawali kisahnya dengan kekagumannya terhadap Presiden ke-7 RI tersebut.

“Presiden Jokowi suka diskusi, bagaimana memperbaiki birokrasi dan sebagainya,” ujar Rizal membuka ceritanya.

Rizal mengaku sebelum masuk ke dalam kabinet kerja, ia tidak terlalu dekat dengan mantan Walikota Solo tersebut.

Namun setelah hampir enam bulan bekerja di pemerintahan, Rizal melihat sosok Jokowi hampir sama dengan Presiden Abdurahman Wahid.

“Tapi terus terang waktu saya masuk kabinet saya belum kenal dekat banget. Sekarang kenal dekat. Ada Gus Durnya nggak suka formalitas, nggak suka protokol, wah saya senang banget,” ungkap Rizal.

Rizal pun menceritakan dalam bekerja, mantan gubernur DKI Jakarta itu masih banyak menggunakan budaya Jawa.

Dalam hal ini, Rizal mengaku kecerdasan Jokowi memanfaatkan waktu yang tepat dalam mengambil setiap keputusan dengan tenang namun tegas.

“Dalam konteks budaya Jawa kapan melakukan ini, kapan ditunda dulu, timing. Orang bukan dari luar Jawa nggak ngerti, karena timing itu penting,” ungkap Rizal.

Dalam dialog lebih dari dua jam tersebut, Rizal Ramli membuka jurus Rajawali Kepret, Rajawali Makan Ular hingga Rajawali Bangkit.

Berulangkali Rizal Ramli mengatakan bahwa keberpiahakan Jokowi kepada rakyat sangat jelas.

“Meski cara ngomongnya halus, keperpihakan Pak Jokowi ke rakyat sangat jelas dan tegas,” urai Rizal Ramli.

Ia justru heran dengan anggota kabinet maupun pimpinan BUMN yang belum paham benar sikap dan keberpihakan Jokowi, sehingga para pembantunya tersebut membuat kebijakan yang salah.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!