Berikut Skema Perhitungan Penurunan Tarif AKAP

redaksi.co.id - Berikut Skema Perhitungan Penurunan Tarif AKAP Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan penurunan tarif angkutan darat antar kota antar provinsi (AKAP) sebesar 5 persen. Penurunan ini...

27 0

redaksi.co.id – Berikut Skema Perhitungan Penurunan Tarif AKAP

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan penurunan tarif angkutan darat antar kota antar provinsi (AKAP) sebesar 5 persen. Penurunan ini dilakukan sebagai dampak dari penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) yang mulai berlaku pada 5 Januari 2016 lalu.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Sugihardjo mengatakan, dalam penentuan tarif AKAP didasarkan pada dua zona yaitu wilayah I yang terdiri dari Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara dan wilayah II yaitu Kalimantan dan Sulawesi.

Dia menjelaskan, pola penetapan tarif batas atas yaitu +30 persen dari tarif dasar. Sedangkan tarif batas bawah yaitu -20 persen dari tarif dasar.

“Ini karena kita menghitung biaya perawatan kendaraan dan sparapart sehingga kalau dia menurunkan tarif di bawah 20 persen dikhawatirkan menganggu aspek keselamatan atau kelaikan kendaraan,” kata dia.

Berikut ketentuan penurunan tarif dasar berdasarkan zonasi:

– Wilayah II dari Rp 144 menjadi Rp 135 per penumpang per km.

Dengan demikian, tarif batas atas untuk wilayah I turun dari Rp 169 menjadi Rp 160 per penumpang per km. untuk wilayah II turun dari Rp 187 menjadi Rp 176 per penumpang per km.

Sementara tarif batas bawah, untuk wilayah I turun dari Rp 104 menjadi Rp 99 per penumpang per km. untuk wilayah II turun dari Rp 115 menjadi Rp 108 per penumpang per km.

“Implementasinya, untuk batas atas biasanya hanya berlaku pada musim puncak seperti Lebaran, Natal dan tahun baru. Itu juga terkait dengan kompetis. Karena bagi pengusaha yang penting bukan tarif tetapi pendapatan. Apa artinya menjual karcis dengan tarif tinggi tapi penumpangnya pindah ke pesaingnya,” tandasnya.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!