AS dan Tiongkok Siapkan Sanksi Buat Korea Utara

redaksi.co.id - AS dan Tiongkok Siapkan Sanksi Buat Korea Utara WASINGTON - Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok memberikan tanggapan keras terhadap aksi Korea Utara yang...

13 0

redaksi.co.id – AS dan Tiongkok Siapkan Sanksi Buat Korea Utara

WASINGTON – Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok memberikan tanggapan keras terhadap aksi Korea Utara yang melakukan uji coba nuklir.

Bahkan Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi sepakat untuk memberikan sanksi-sanksi lebih lanjut terhadap Korea Utara.

Kerry mengatakan dirinya dan Wang sepakat bahwa mereka tidak boleh terus bersikap biasa dengan Korea Utara.

Kerry menekankan bahwa AS akan meningkatkan tekanan terhadap Korea Utara melalui konsultasi dengan tidak hanya Tiongkok tetapi juga Jepang, Korea Selatan, dan negara-negara tetangga lain.

Bukan itu saja, kongres AS pun bersiap untuk menerapkan sanksi yang lebih berat atas Korea Utara menyusul uji coba senjata nuklir negara itu baru-baru ini.

DPR AS akan memulai pembahasan pada pekan depan mengenai undang-undang untuk memberlakukan sanksi-sanksi baru atas negara Asia Timur tersebut.

Pemimpin kubu mayoritas di DPR Kevin McCarthy serta Ketua Komite Urusan Luar Negeri DPR Ed Royce mengeluarkan pernyataan terkait langkah-langkah yang diajukan, Kamis (7/1/2016).

Dalam pernyataan itu disebutkan bahwa DPR akan mempertimbangkan undang-undang yang akan memberikan respon lebih kuat terhadap ancaman yang tengah dihadapi Amerika Serikat dibandingkan langkah-langkah yang diusulkan oleh Presiden Obama.

Undang-undang tersebut akan membatasi akses Korea Utara atas mata uang utama. Undang-undang itu juga akan memungkinkan otoritas untuk menyita aset milik mereka yang terlibat dalam aktivitas proliferasi nuklir yang berada di Amerika Serikat.

Pemimpin kubu minoritas DPR Nancy Pelosi mengungkapkan dukungannya terhadap undang-undang tersebut dan mengatakan bahwa undang-undang itu mendapat dukungan kuat dari kedua partai.

Hal senada juga dilakukan kedua Majelis Parlemen Jepang secara bulat mengesahkan resolusi yang mengutuk uji coba nuklir terbaru Korea Utara.

Resolusi itu disahkan hari Jumat (8/1/2016) dan menyebut uji coba itu tindakan sembrono yang sama sekali tidak bisa diterima Jepang, satu-satunya negara yang pernah menjadi korban serangan bom atom.

Resolusi itu menuntut Korea Utara segera menghentikan semua program nuklirnya, menerima pemeriksaan oleh Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), dan berupaya menuju penghapusan nuklir di Semenanjung Korea.

Mereka mendesak pemerintah untuk memimpin pembahasan atas masalah ini di Dewan Keamanan PBB sebagai anggota tidak tetap. Mereka juga mengimbau pemerintah untuk melakukan upaya sebaik mungkin untuk segera menyelesaikan masalah program nuklir dan rudal Korea Utara serta penculikan warga Jepang. (NHK)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!