Pasukan Afghanistan Rebut Kembali Distrik Utara dari Taliban

134

redaksi.co.id – Pasukan Afghanistan Rebut Kembali Distrik Utara dari Taliban

Pasukan keamanan Afghanistan telah merebut kembali sebuah distrik di utara Afghanistan. Sebanyak 30 anggota militan Taliban tewas dalam upaya perebut kembali wilayah tersebut.

Tentara gabungan, polisi, dan unit pasukan khusus mengambil kembali Distrik Darqad yang berbatasan dengan Tajikistan, Ahad (10/1) dini hari, kata Kementerian Pertahanan Afghanistan, Ahad (10/1).

Kementerian itu mengklaim, operasi dilakukan dalam situasi terkendali. Selain kendaraan dan senjata dari pemberontak berhasil dikuasai, sebanyak 30 anggota Taliban tewas.

Keberhasilan merebut kembali wilayah Afghanistan adalah kabar baik bagi pasukan pemerintah, yang telah berjuang melawan pemberontakan Taliban. Apalagi, pasukan internasional ikut membantu dalam operasi tempur pada akhir 2014.

Taliban sempat merebut utara Kota Kunduz Afghanistan tahun lalu. Taliban juga telah menguasai sebagian besar selatan Provinsi Helmand, di mana Amerika Serikat (AS) telah meluncurkan serangan udara dan mengerahkan pasukan khusus untuk membantu pasukan Afghanistan.

Sementara itu, pejabat Afghanistan dan Pakistan bersama dengan Cina dan AS mempersiapkan pertemuan di Islamabad, Pakistan, pekan depan untuk kemungkinan pembicaraan damai dengan Taliban.

(red/ngga/eksa/AR)

loading...

Comments

comments!