Harga Kentang, Tomat dan Bawang Putih Naik

redaksi.co.id - Harga Kentang, Tomat dan Bawang Putih Naik Harga beberapa sayuran di pasar tradisonal mengalami kenaikan pada pekan kedua Januari 2016 ini. Kenaikan harga tersebut...

20 0

redaksi.co.id – Harga Kentang, Tomat dan Bawang Putih Naik

Harga beberapa sayuran di pasar tradisonal mengalami kenaikan pada pekan kedua Januari 2016 ini. Kenaikan harga tersebut sudah berlangsung sejak akhir tahun lalu.

Salah satu penjual sayur di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, Muriah (42) mengatakan, beberapa komoditas sayur yang mengalami kenaikan adalah kentang, tomat dan bawang putih.

Untuk kentang mengalami kenaikan Rp 4.000 per kilogram (kg). Di pekan terakhir 2015, harga kentang ada di kisaran Rp 12 ribu per kg. Sedangkan di pekan kedua Januari ini berubah menjadi Rp 16 ribu per kg. Untuk periode yang sama, harga tomat mengalami kenaikan Rp 5.000 per kg dari 12 ribu per kg menjadi Rp 17 ribu per kg.

Sedangkan untuk bawang putih mengalami kenaikan Rp 2.000 per kg menjadi Rp 30 ribu per kg dari sebelumnya yang masih ada di kisaran harga Rp 28 ribu per kg. “Perubahan harganya bertahap sekitar 3 hari atau 4 hari yang lalu,” ungkap Muriah, Senin (11/1/2016).

Salah satu pedagang ayam di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, Yatmi (52), belum bisa memastikan penyebab kenaikan harga komoditas sayur dan daging tersebut. Biasanya, kenaikan harga terjadi karena pasokan mengalami penurunan atau permintaan di pasar mengalami kenaikan. Namun untuk saat ini hal tersebut tidak terjadi.

“Belum tahun sebab kenaikannya. Kalau stok masih ada, jadi tidak tahu ini penyebabnya apa,” jelas Yatmi.

Di luar itu, ada juga harga sayur yang mengalami penurunan sepertibuncis dari Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 10 ribu per kg, kacang panjang Rp 10 ribu per kg turun dari Rp 20 ribu per kg, sawi Rp 8.000 per kg turun dari sebelumnya Rp 10 ribu perkg dan bawang merah turun menjadi Rp 32 ribu per kg dari sebelumnya Rp 38 per kg.

Sedangkan harga sayur yang stabil atau tidak mengalami perubahan adalah cabai keriting dan rawit yang harganya ada di Rp 40 ribu per kg. (Pew/Gdn)

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!