Mereka Ambil Ancang-ancang Tinggalkan Sepak Bola Indonesia

redaksi.co.id - Mereka Ambil Ancang-ancang Tinggalkan Sepak Bola Indonesia Tanpa kompetisi, para pemain bintang sepak bola Indonesia mulai bersiap untuk angkat kaki dari negeri sendiri. Sederet...

11 0

redaksi.co.id – Mereka Ambil Ancang-ancang Tinggalkan Sepak Bola Indonesia

Tanpa kompetisi, para pemain bintang sepak bola Indonesia mulai bersiap untuk angkat kaki dari negeri sendiri. Sederet turnamen yang telah berlangsung dan yang akan digelar sepertinya tidak cukup membuat para pemain itu puas.

Surat Pembekuan Kementerian Pemuda dan Olahraga kepada PSSI, serta sanksi FIFA untuk sepak bola akibat campur tangan pemerintah belum juga dicabut. Situasi kian tak jelas membuat para pemain, yang merasa punya potensi lebih berniat merantau ke negeri tetangga.

Malaysia, Myanmar, dan Singapura menjadi tujuan para pemain untuk bisa melanjutkan karier mereka sebagai pesepak bola. Beberapa pemain berlabel bintang di sepak bola Indonesia mencoba peruntungan mereka mencari klub baru di luar negeri lewat jalan agen atau trial.

Yang paling santer terdengar, Evan Dimas Darmono bakal menuju Spanyol untuk membela Espanyol B dalam kontrak yang berdurasi 4 bulan. Samsul Arif juga berencana berkiprah di kompetisi Malaysia, usai Arema Cronus selesai mengikuti Piala Jenderal Sudirman.

Selain itu, gelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar akan menjalani tes medis dengan klub Malaysia Premier League, Sabah FA. Sementara Ferdinand Sinaga diminati 3 klub dari 3 negara berbeda, Geylang United (Singapura), Sabah FA (Malaysia), dan Yadanarbon (Myanmar).

Bayu Gatra meninggalkan Bali United demi mencari petualangan di luar negeri. Sempat dikabarkan akan ke Malaysia dan Australia, Bayu Gatra hingga sekarang belum menemukan klub baru untuk melanjutkan karier.

Achmad Jufriyanto dan Yongki Aribowo juga sempat menjalani trial di klub Malaysia, Trengganu FA, meski berakhir tak manis. Raphael Maitimo pun demikian, mendapat tawaran dari Malaysia dan Thailand, tapi ditolaknya.

Sejumlah nama lain juga disebut-sebut mengambil ancang-ancang meninggalkan sepak bola Indonesia. Titus Bonai, Okto Maniani, Ahmad Bustomi, dan Zulham Zamrun, juga dikabarkan menjadi incaran beberapa klub Malaysia.

Beberapa pemain Indonesia sudah lebih dulu berkarier di luar Indonesia, seperti Andik Vermansyah yang memperkuat Selangor FA (Malaysia), lalu Sergio van Dijk yang baru meninggalkan Suphanburi (Thailand).

Lalu ada Greg Nwokolo dan Victor Igbonefo yang bermain di kompetisi sepak bola Thailand, BEC Tero Sasana dan Osotspa Saraburi FC.

Irfan Bachdim juga turut membela klub Jepang, Consadole Sapporo, kemudian Adam Alis yang memperkuat klub Bahrain, East Riffa dan Ryuji Utomo yang juga membela klub Bahrain, Al Najma.

Namun, Adam Alis dan Ryuji mesti meninggalkan dua klub tersebut bulan ini. Terakhir, ada nama Dedi Gusmawan yang dikontrak klub Malaysia, Zeyar Shwe Myay.*

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!