Aliran Gafatar Menyebar Hingga ke Jawa Timur

330

redaksi.co.id – Aliran Gafatar Menyebar Hingga ke Jawa Timur

Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) ternyata juga telah menyebar luas di Jawa Timur.

Terlebih setelah hilangnya warga Surbaya dan Mojokerto yang diduga pergi mengikuti aliran tersebut.

Misteri hilangnya warga itu pun tengah diselidiki oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Kendati demikian Kapolda Jatim, Irjen pol Anton Setiadji mengatakan belum bisa memastikan apakah hilangnya warga Surabaya dan Mojokerto itu terkait dengan keikut sertaan bergabung dalam jaringan Gafatar.

“Terkait warga yang hilang itu kita masih melakukan penyelidikan. Tapi kan belum bisa dikatakan terkait Gafatar atau tidak. Sekarang yang terpenting warga tidak resah,” kata Anton Setiadji di Mapolda Jatim pada Selasa, (12/1).

Dari informasi yang berhasil dihimpun Republika,co.id diketahui Eri Indra Kausar telah meninggalkan rumahnya di Jalan Suripto No 26 Kenjeran, Surabaya sejak empat bulan lalu.

Dirinya sempat memberi kabar melalui pesan singkat kepada keluarganya.

Sementara itu di Mujiutomo warga Kecamatan Puri, Mojokerto justru terang-terangan meminta izin kepada pemerintah setempat untuk mengurus surat kepindahan kependudukan ke Kalimantan.

Hal tersebut terjadi dua tahun lalu, dimana Mujiutomo mengaku pergi ke Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur, Pontianak Kalimantan Barat untuk ikut bergabung dengan Gafatar.

Anton menyebut Gafatar merupakan salah satu aliran sempalan radikal.

Kendati demikian ia telah memerintahan jajarannya terutama kepolisian resort agar melakukan antisipasi agar tidak adanya lagi warga yang hilang misterius.

Selain itu dia mengatakan akan menyelidiki juga kantor kesekretariatan Gafatar yang ada di Wonokromo.

“Gerakan ini sudah diselidiki merupakan sempalan dari yang lainnya, ininya sama masalah radikal. Kami juga akan melakukan pengecekan (Kantor Gafatar) perizinannya dan semuanya. Tapi gerakan ini belum menyebar menyeluruh di Jawa Timur,” tuturnya.

(red/uhammad/irmansyah/MF)

loading...

Comments

comments!