PBNU: Gafatar Kelompok Berbahaya

redaksi.co.id - PBNU: Gafatar Kelompok Berbahaya Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melihat Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) yang perlu untuk diwaspadai. Gafatar memliki...

10 0

redaksi.co.id – PBNU: Gafatar Kelompok Berbahaya

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melihat Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) yang perlu untuk diwaspadai.

Gafatar memliki sepak terjang yang bersifat eksklusif dan cenderung mengisolasi diri.

“Setiap ormas atau gerakan yang cenderung eksklusif dan tidak terbuka muaranya pasti bermisi untuk menyebarkan doktrin-doktrin yang menyimpang,” kata Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj, melalui surat keterangan yang diterima Republika, Rabu (13/1).

Menurut Said, parameter yang sahih untuk digunakan menilai gerakan sebauah ormas adalah keterbukaan dan sikap inklusifnya dalam menjalankan visi dan misi serta agenda organisasi massanya.

Kiai Said mengimbau masyarakat Indonesia untuk selalu waspada terhadap gerakan yang cenderung menutup diri dan diam-diam dalam menyebarkan paham dan ajarannya.

Menurutnya, hidup di era sekarang masyarakat harus jeli dan teliti untuk mengambil sebuah keputusan, termasuk memutuskan untuk bergabung dengan sebuah ormas.

Di pihak lain, Kiai Said juga mendesak kepada pemerintah untuk segera melakukan investigasi yang valid dan mengabarkan kepada khalayak mengenai jati diri ormas Gafatar. Masyarakat berhak tahu seluk beluk dan sepak terjang ormas Gafatar ini.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!